Puncak Arus Balik Nataru Diprediksi 6 Januari

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX PENUMPANG. Suasana antrean penumpang saat membeli tiket di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (3/1)

PT Pelni dan Pelni Jamin Kelancaran dan Keamanan

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- PT pelni Kupang memprakirakan puncak arus balik penumpang di Pelabuhan Tenau setelah usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi pada Sabtu (6/1).

Terkait hal ini, PT Pelni Kupang siap untuk mengatasi lonjakan penumpang saat arus balik nanti.
General Manager PT Pelni Kupang, Harianto Sembiring, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Pelindo Kupang dan keamanan angkutan laut serta aparat kepolisian untuk membantu menangani arus balik nanti.

Dia mengatakan, kapal yang akan masuk di tanggal 6 Januari nanti yaitu KM Bukit Siguntang, dengan kuota maksimal penumpangnya mencapai 2.000 orang, dan untuk harga tiketnya, akan tetap stabil.

"Tidak ada kenaikan ataupun penurunan harga sebab sudah ada pernyataan dari pemerintah mengani harga tiketnya," ujarnya saat diwawancarai di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (3/1).

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah mengimbau para calon penumpang agar membeli tiket dari beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan. Pasalnya, tiket yang tersedia sangat terbatas sesuai dengan kapasitas kapal.

"Dan calon penumpang pun diharapkan tidak membeli tiket ketika hari keberangkatan, karena akan terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan," tambahnya.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo Kupang, diwakili Dedi selaku supervisor Peti Kemas Tenau Kupang, menjelaskan bahwa untuk arus balik, pihaknya menunggu kordinasi lebih lanjut dari PT Pelni, karena harus menyesuaikan dari jadwal kapal yang masuk-keluar nantinya.

"Kami hanya menyesuaikan dengan jadwal kapal Pelni, tapi selanjutnya akan kami manfaatkan stakeholder yang ada untuk kelancaran arus balik nanti, dan seperti tahun-tahun yang lalu kami bisa dan siap mengatasi arus balik, jika nanti ada lonjakan penumpang," ungkapnya.

Dia melanjutkan, untuk kapasitas penumpang di terminal pelabuhan Tenau Kupang, terdapat 666 untuk tempat duduk, dan untuk luas area terminalnya sendiri maksimal bisa menampung 1.500 penumpang. "Dan itu sudah sangat mampu dalam menanggulangi arus balik nanti," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk kebersihan di area tersebut, pihaknya sudah berupaya untuk mengoptimalkan dan untuk sekarang masih terpantau bersih.

"Untuk area transit itu yang menjadi kendala sebab masih dalam tahap pengerjaan, dipastikan area transit tersebut akan rampung akir bulan ini, dan siap digunakan, " pungkasnya. (cr5/thi)

  • Bagikan