Ribuan Warga Antusias Ikut Festival Wela Maka

  • Bagikan
SAVER BHULA/TIMEX WELA MAKA. Suasana perlombaan Wela Maka atau bermain gasing bertempat di Kampung Wolowio Desa Wawowae Kecamatan Bajawa, Kamis (18/1).

BAJAWA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Ribuan warga Kampung Wolowio Desa Wawowae Kecamatan Bajawa mengikuti permainan tradisional Wela Maka atau permainan gasing tradisional. Permainan Wela Maka sering digelar warga untuk menyambut pesta adat Reba. Permainan Wela Maka dilaksanakan ditengah kampung yang dimainkan oleh para pria dari kampung tersebut bahkan kampung tetangga.

Terdapat 21 tim yang turut mengambil bagian untuk mengikuti lomba Wela Maka. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 18 hingga 20 Januari. Juara pertama akan mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp 4 juta, juara dua sebesar Rp 3 juta, juara tiga Rp 2 juta dan juara 4 mendapat hadiah sebesar Rp 1 juta.

Anggelo Wake Kako mengatakan, lomba Wela Maka merupakan permainan tradisional. Dengan kegiatan tersebut, masyarakat Beiposo menghadirkan lokalitas sehingga menjadi menarik. Menurutnya, permainan gasing tradisional perlu dikembangkan agar menarik. Dengan permainan itu, generasi hari ini tidak akan lupa sejarah masa lalu atau permainan tradisional masa lalu.

Anggelo memberikan apresiasi kepada panitia maupun pemerintah desa, karena sudah melaksanakan kegiatan dengan baik.

"Saya berikan apresiasi kepada panitia dan pemerintah desa karena sudah mengembangkan permainan ini dalam konteks festival. Dengan ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk kembangkan pariwisata," ujarnya.

Ia berharap agar kegiatan seperti itu tampilkan lomba tradisional bisa dikembangkan. Bukan hanya di Kampung Wolowio tetapi didaerah lain. Hal ini tentunya akan berdampak pada ekonomi rakyat. (kr9/ays)

  • Bagikan