Program Beasiswa PT Bakal Dibuka Akhir Januari

  • Bagikan
SIMBOLIS: Pj Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto bersama Ketua DPRD Sidoarjo Usman memberikan beasiswa pendidikan tinggi. (IST)

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO. ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya untuk menjadi lebih baik lagi melalui penyediaan kembali beasiswa untuk pendidikan tinggi.

Dilansir Radar Sidoarjo (JawaPos Grup), diketahui program beasiswa untuk pendidikan tinggi ini terus konsisten dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo. Seperti tahun sebelumnya, Pemkab Sidoarjo kembali menyediakan total 1.000 beasiswa untuk pendidikan tinggi.

Untuk melancarkan program beasiswa tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sidoarjo diketahui tengah mengebut persiapan segala kebutuhan terkait pelaksanaan program tersebut.

Berbagai persiapan itu terus dikebut agar programnya bisa segera dilaunching. Hal itu juga turut dikonfirmasi oleh Plt Kepala Disporapar Sidoarjo Yudhi Iriyanto yang menyebut pihaknya berencana membuka pendaftaran pada akhir Januari nanti.

Pada tahun 2024 ini, Yudhi mengungkap, program 1.000 beasiswa untuk perguruan tinggi tersebut akan menyasar para mahasiswa yang berprestasi baik dalam akademis maupun non-akademis yakni di bidang olahraga.

Lebih lanjut, Yudhi menyebut saat ini pihaknya sedang merincikan tata cara atau alur untuk para mahasiswa yang ingin mengikuti program beasiswa ini dengan merevisi beberapa aspek, termasuk proses pendaftaran dan verifikasi. Yudhi menekankan animo mahasiswa Sidoarjo yang sangat luar biasa. "Tahun lalu ada 5 ribu yang mendaftar,'' kata Yudhi.

Pada 2023 lalu, tercatat sebanyak 65 persen mahasiswa telah dianugerahi beasiswa ini melalui prestasi akademisnya. Sementara itu, 35 persen lainnya dianugerahi melalui prestasinya di bidang olahraga. Yudhi mengimbau kepada calon mahasiswa pendaftar agar dapat mempersiapkan diri lebih awal.

Meskipun syarat terkait IPK minimal untuk tahun masih dalam pembahasan, namun mengacu tahun sebelumnya, menurutnya IPK terendah adalah 3,8. Dengan terus digencarkannya program ini dengan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi, Yudhi mengatakan Pemkab Sidoarjo berharap upaya tersebut dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya untuk menjadi lebih berkualitas lagi. (jpc/thi)

  • Bagikan