Dr.Wilibrodus Lanama Jadi Rektor Universitas Flores Ende

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX BERI KETERANGAN PERS. Saat memberikan keterangan Pers Christina Pawe, selaku Ketua Panitia Pelantikan Rektor dan Chrisostomus Angelus Gadi Kapo selaku Koordinator Seksi Acara serta Christin Yudith Wahyuni Ngga'a, SE sebagai Wakil Ketua Panitia, Jumat (26/1).

Nuansa Budaya Akan Warnai Pelantikan

ENDE,TIMEX.FAJAR.CO.ID-  Dengan berakhirnya Jabatan  Simon Sira Paji sebagai Rektor Universitas Flores  maka pihak Yayasan Universitas Flores telah melakukan proses pemilihan Rektor Uniflor yang baru. Dalam proses tersebut terpilih Dr.Wilibrodus Lanama sebagai Rektor Baru periode 2024- 2028.

Karena itu, Sabtu ( 27/1) akan dilakukan pelantikan Rektor Uniflor yang baru tersebut atas nama Dr.Wily Lanamana oleh Ketua Yayasan Dr.Laurentius Gadidjou.Dan yang menarik acara pelantikan tersebut bernuasa adat,dan kali ini adat Ende Lio.

Saat konferensi Pers, Jumad (26/1) koordinator seksi acara Angelus Gadikapo mengatakan, sebagai kampus yang mengedepankan unsur budaya atau yang lasim dikenal sebagai kampus yang identik dengan mediator budaya maka segala hal yang berkaitan dengan kegiatan kampus dikemas dalam balutan budaya dan salah satunya adalah pelaksanaan pelantikan Rektor Universitas Flores yang baru periode 2024- 2028 tersebut.

Dalam keterangan Pers di aula H.J Gadi Djou Kampus Uniflor, dunia mengatakan karena Rektor Uniflor berasal dari Kabupaten Ende maka pelantikan Rektor Uniflor bernuansa Ende-Lio.

"Empat tahun lalu saat itu Rektornya berasal dari Lembata maka nuansa pelantikan identik dengan Budaya Lamaholot dan kali ini karena Rektornya berasal dari Kabupaten Ende maka nuansa pelantikan identik dengan budaya Ende-Lio,"kata Oston Gadikapo.

Nuansa budaya Ende-Lio pada pelaksanaan Pelantikan Rektor Uniflor akan terlihat dari tata panggung yang terdiri dari tiga buah rumah dan masing- masing terdiri dari satu rumah besar dan dua rumah kecil.

"Rumah besar yang dalam bahasa Ende-Lio disebut Sao Ria berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat Ende-Lio yang dibalut dalam kebersamaan sebagai satu keluarga besar," kata dia.

Jika dibawa dalam dunia kampus khususnya Universitas Flores, lanjut Oston , masing-masing memiliki peran namun dalam satu semangat kebersamaan atau kekeluargaan. Selain budaya Ende Lio yang tercermin dalam tata panggung, lanjutnya, juga akan terlihat pada busana yang dikenakan baik oleh panitia dan juga para undangan.

Christina Pawe, selaku Ketua Panitia Pelantikan Rektor,mengatakan bahwa Rektor yang akan dilantik nanti sudqh melalui serangkain seleksi yang telah dilakukan pada Bulan September 2023.

Dan setelah menjalani serangkain seleksi dengan melibatkan para panelis maka pihak Yayasan lantas memilih Dr Wilybrodus Lanamana,SE,MMA sebagai Rektor Uniflor Ende yang baru masa bakti 2024-2028 menggantikan Dr Simon Sira Paji,MA.

" Pelaksanaan pelantikan Rektor Uniflor Ende yang baru akan dilakukan di Aula H.J Gadi Djou dan  dilantik oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores, Dr Laurentius Gadi Djou," sebut dia.

Berdasarkan undangan yang dikeluarkan oleh panitia  akan hadir dalam , pihak interen kampus baik dosen , karyawan juga pihak yayasan . Selain itu Forkompinda  Kabupaten Ende,  Pj Gubernur NTT yang diwakili Asisten III Setda Provinsi NTT serta Kopertis maupun relasi dari Universitas Flores.

Lebih lanjut Christina menjelaskan,  selain Rektor juga akan  di Lantik  Pimpinan Rektorat atau Para Wakil Rektor antara lain  Dr.  Reyna Virginia Nona , SE. M.M.A Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Dra. imaculata  Fatima . M.M.A, Dr. Mansyur Abdul  Hamid  SE. MM Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ,DR. Ernesta  Leha SE. M.Agb Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Universitas Flores. (kr4/thi)

  • Bagikan