Uniflor Harus Menjadi Universitas Berdaya Saing Global

  • Bagikan
(kr4/thi) ALEXIUS RADJA SEKO/TIMEX FOTO BERSAMA. Rektor Uniflor Dr.Wilibrodus Lanama foto bersama empat Wakil Rektor usai pelantikan, Sabtu (27/1).

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Pelantikan Rektor baru Universitas Flores Ende menjadi momen strategis, universitas ini diharapkan bisa bersaing di dunia global. Untuk itu langkah strategis harus segera dilakukan dalam menjawabi harapan ini.

Demikian yang disampaikan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh Asiten III Setda Provinsi NTT Samuel Halundaka, saat pelantikan Dr.Wilibrodus Lanama sebagai Rektor baru periode 2024- 2028 beserta jajarannya, Sabtu (27/1).

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium H. J. Gadi Djou, pukul dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, beserta jajarannya, Rektor Uniflor periode 2019-2023 Dr. Simon Sira Padji, M.A. dan jajarannya, Asisten III Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Semuel Halundaka, Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, Forkopimda Kabupaten tamu/undangan, dosen Ende, dan

Dalam sambutannya, Asisten III mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi NTT mengucapkan selamat kepada Rektor Uniflor periode 2024- 2028 sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Rektor Uniflor sebelumnya periode 2019-2023.

Dikatakan, prosesi pelantikan ini menjadi momentum yang tepat bagi seluruh jajaran Uniflor untuk menyamakan visi ke depan, menyatukan gerak langkah, serta terus berbenah diri guna menjadikan Universitas ini sebagai sebuah universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing global.

Oleh karena itu, lanjutnya, segenap jajaran Uniflor segera melakukan konsolidasi guna menjadikan Universitas ini sebagai sebuah Universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing global.

Oleh karena itu, segenap jajaran Uniflor segera melakukan konsolidasi dan membangun komunikasi dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun komitmen dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun komitmen yang baru, komitmen yang universal, yang mampu mengakomodir kepentingan bersama.

"Segera lakukan konsolidasi, bangun komunikasi dengan semua pihak dalam rangka membangun komitmen bersama yang universal demi membangun daerah ini, " kata dia.

Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah membangun tata kelola dan manajemen perguruan tinggi yang sehat, transparan dan akuntabel, karena perguruan tinggi yang sehat merupakan kunci utama untuk mewujudkan sumber daya manusia NTT yang lebih berkualitas.

Untuk diketahui, sebagai kampus mediator budaya dengan moto Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor bermutu, kegiatan pelantikan diawali dengan persembahan tarian spesial dari para mahasiswa Uniflor asal dari tanah Papua yang kini belajar di kampus mediator budaya Uniflor.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Yapertif dengan SK dibacakan oleh Ketua Panitia Pelantikan Christina Pawe, dimana sebagai Rektor Uniflor periode 2024-2028 Dr. Willybrordus Lanamana, S.E., M.M.A., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Reyna Virginia Nona, S.E., M.M.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Imaculata Keuangan Dr. Dra. Fatima, M.M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.A., dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb.

Ketua Yapertif yang menyampaikan terima kasih kepada Rektor Uniflor periode sebelumnya beserta jajarannya untuk karya dan buah-buah pemikiran yang telah dibagi kepada civitas akademika Uniflor. Ia menaruh harapan bagi Rektor dan para Wakil Rektor yang baru dilantik.

Mengangkat idiom "This is our home, not our house", Dia berharap Uniflor dijadikan rumah bagi setiap dosen merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tingkatkan kualitas dosen dengan pelbagai kegiatan dalam menciptakan kreativitas pembelajaran dan pengajaran yang berlandaskan pada metode Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.

"Rektor dan para Wakil Rektor kami harapkan mendukung membantu para dosen melaksanakan penelitian dan dalam dan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.

Ketua Umum Yapertif, Dr Laurentius Gadi Djou mengatakan acara pelantikan ini menjadi momen atau kesempatan Rektor yang baru dan jajaran membangun komitmen mewujudkan Universitas Flores bermutu.

Lory menegaskan, dipundak Rektor baru Dr.Wilibrodus Lanama beserta jajarannya Universitas Flores mesti terus berkembang dan menjadi kampus berkualitas.

"Mari bergandengan tangan dan menjadikan Universitas Flores sebagai rumah bersama. Selamat dan saya berharap anda sukses memimpin Universitas Flores kedepannya," katanya.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Flores ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan rektor, Dr. Simon Sira Padji dan jajaran yang telah memberikan yang terbaik kepada Universitas Flores.

Rektor Uniflor, Dr. Willybrodus Lanamana, usai dilantik mengatakan bahwa pesta demokrasi kampus pemilihan Rektor telah usai yang ditandai dengan acara pelantikan.

Dia merasa terkesan dengan pemilihan Rektor pada periode ini karena dilakukan secara terbuka dan diikuti oleh belasan calon Rektor. Menurutnya proses ini perlu dipertahankan kedepannya.

"Pesta demokrasi pemilihan rektor pada periode ini adalah modal yang baik untuk dipertahankan kedepannya. Terima kasih karena saya mendapatkan kepercayaan dari yayasan menahkodai Universitas Flores," katanya.

Pada momen berbahagia ini, Dr. Willy Lanamana juga memaparkan beberapa program kerjanya untuk satu periode kedepan. Program tersebut kata dia , mengacu pada rencana strategis dari Universitas Flores baik jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek.

" Visi dan misi dari Universitas Flores akan menjadi panduan baginya namun ada beberapa hal yang menjadi program dan perhatian khususnya menahkodai ampus ini empat tahun ke depan" ucapnya. .

Dia menekankan, pendidikan karakter dan organisasi perguruan tinggi menjadi perhatian serius dan masuk dalam program kerja empat tahun ke depan.

Saat ini, lanjutnya, jumlah mahasiswa setiap tahun semakin menurun maka akan dilakukan evaluasi. la akan turun melakukan evaluasi di fakultas dan program studi yang peminatnya mulai berkurang.

"Kita akan lakukan evaluasi dan pembenahan mendalam serta memperkuat kualitas sambil melakukan promosi," tambahnya.

Dr. Willybrodus yang berpengalaman dalam bidang penelitian akan memperkuat penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kedepannya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar memberikan dampak positif.

"Luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus ada relevansi dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini sangat penting agar memberikan dampak kepada masyarakat," katanya.

Dikesempatan ini, Rektor Uniflor yang baru Dr Wilybrodus Lanamana langsung mengumumkan kabinet baik barunya baik Dekan , Ketua Prodi dan jajaran lainnya. (kr4/thi)

  • Bagikan