Kegiatan Pramuka Diwarnai Tanam Anakan Pohon

  • Bagikan
IST TANAM POHON. Danrem 161/WS, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang menanam anakan pohon usai membuka kegiatan persami Saka Wira Kartika di Kelurahan Fatukoa, Sabtu (3/2)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika tahun 2024 digelar. Kegiatan ini juga dibarengi dengan penanam 1.000 anakan pohon.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti (WS), Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang bertempat di Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Sabtu (3/2).

Saat membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Danrem 161/WS, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak panitia atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka," jelasnya.

Dikatakan, TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar," ungkapnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

Hal ini, jelas Danrem 161/WS, selaras dengan tema kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 yaitu 'Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah' yang sejalan dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Ia menegaskan, Kasat berpesan kepada adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika agar menjadi generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Usai kegiatan upacara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan karya bakti berupa penanaman 1.000 pohon dan mengikuti video conference bersama Kasad pada kegiatan pembukaan persami di tingkat pusat.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika ini akan dilaksanakan selama dua hari ke depan dan diikuti oleh 60 orang anggota Saka Wira Kartika Nusa Tenggara Timur (NTT) binaan Korem 161/WS. Karya bakti yang akan dilaksanakan berupa penanaman pohon, pembersihan tempat ibadah dan lingkungan, pelayanan kesehatan gratis. Kemudian dilanjutkan berbagai Krida Saka Wira Kartika.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan ini Yang mewakili Pj Gubernur NTT, perwakilan Danlantamal VII Kupang, perwakilan Danlanud El Tari Kupang, perwakilan Kapolda NTT, Ketua Kwarda Pramuka Provinsi NTT, Kasrem 161/WS, para Kasi Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana, perwakilan TNI AD, AL, AU, Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat,tokoh pemuda dan sejumlah undangan lainnya.(r1/gat)

  • Bagikan