Jaga Kelancaran Pemilu, PLN Bentuk 21 Posko

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX SIAGA PEMILU. PLN pastikan kelistrikan NTT dalam kondisi prima. PLN NTT juga telah menetapkan masa siaga dari tanggal 11–20 Februari 2024 dengan membentuk 21 posko siaga dan mengerahkan 1.170 personil siaga di seluruh daerah NTT.

Siagakan 1.170 Petugas

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung Sindu Putra memimpin langsung kunjungan siaga kelistrikan Pemilu 2024 untuk memastikan sistem kelistrikan NTT dalam kondisi prima. PLN NTT juga telah menetapkan masa siaga dari tanggal 11–20 Februari 2024 dengan membentuk 21 posko siaga dan mengerahkan 1.170 personil siaga di seluruh daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sindu menyampaikan, PLN bersama pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024. PLN telah memproyeksikan sistem kelistrikan dalam kondisi aman pada hari H Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.

“PLN fokus mengamankan pasokan listrik untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024. Kita sudah siapkan seluruhnya sejak dua bulan lalu dari pelaksanaan Nataru sampai saat ini bersama mensukseskan Pemilu 2024 ini,” ujar Sindu.

PLN juga telah mendata lokasi-lokasi strategis Pemilu dan kebutuhan pasokan listriknya di seluruh NTT. Selanjutnya, PLN melakukan inspeksi dan pemeliharaan untuk memastikan instalasinya dalam kondisi prima untuk menjaga keandalan pasokan.

Tak hanya pembangkit, seluruh kesiapan infrastruktur jaringan juga dalam posisi yang prima. Seluruh insan PLN di wilayah juga sudah membangun pola operasi yang siap mengakomodasi setiap kawasan prioritas lengkap dengan mitigasi risikonya.

“Kami juga menyiapkan skema berlapis pada tiap sistem kelistrikan. Bukan hanya dalam manuver pembebanan jika terjadi gangguan, tetapi juga kesiapan alat, komponen, dan infrastruktur cadangan yang siap terpasang dalam kondisi apa pun,” tegas Sindu.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur yang memiliki 9 Unit Pelaksana siap mendukung jalannya pesta demokrasi ini dengan kesiapan yang matang.

General Manager PLN UIW NTT, I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan dari keseluruhan persiapan personil, pemeliharaan infrastruktur dan koordinasi dengan Bawaslu, KPU, dan Forkopimda sudah dilaksanakan oleh seluruh Unit Pelaksana yang ada di NTT untuk mengantisipasi gangguan-gangguan yang terjadi dari luar dan berkoordinasi terkait kebutuhan listrik sampai di level PPK Kecamatan agar dipastikan berjalan dengan baik dan aman.

"Kelistrikan menjadi sangat penting untuk kegiatan pesta demokrasi ini, kami PLN UIW NTT memastikan secara berkala dan terjadwal sebelum masuk jadwal siaga Pemilu 2024 sudah melaksanakan pemeliharaan rutin terhadap infrastruktur mulai dari kesiapan pembangkit, jaringan listrik, material dan peralatan yang digunakan. Koordinasi kami lakukan dengan Bawaslu, KPU dan Forkopimda untuk saling mengetahui dan menjalin kerjasama yang baik untuk kelancaran Pemilu Tahun ini," ungkap Sindu.

Dalam komunikasi yang terjalin sudah didapatkan kerjasama yang baik untuk saling melengkapi untuk kepentingan bersama dalam kelancaran seluruh kegiatan sampai diakhir perhitungan suara nantinya.

PLN UIW NTT dalam siaga Pemilu Tahun ini, menyiapkan 1.170 petugas, 253 kendaraan operasional, 23 Unit Gardu Bergerak (UGB) , 7 Unit uninteruptible power supply (UPS), 79 Unit genset, 5 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dan 4 Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB).

Terkait pelayanan pelanggan, PLN memastikan siap 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. PLN memastikan bahwa PLN Mobile telah diperkuat layanannya sehingga penanganan gangguannya dapat kian cepat. (thi)

  • Bagikan