Kantor Fungsional Bank NTT Resmi Melayani Warga Kajong

  • Bagikan
FANSI RUNGGAT/TIMEX GUNTING PITA. Kanan ke Kiri, Bupati Manggarai, Hery Nabit, Dirut Bank NTT, Riwu Kaho, dan Uskup Ruteng, Sipri Hormat, saat menggunting pita peresmian kantor fungsional Kajong, Senin (19/2)

RUTENG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank NTT, menghadirkan kantor fungsional di wilayah terluar dari kabupaten Manggarai, tepatnya di Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat. Kehadiran kantor ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses layanan jasa perbankan.

Kantor fungsional sudah resmi beroperasi yang ditandai dengan pengguntingan pita bersama oleh Bupati Manggarai, Hery Nabit, Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, dan Uskup Ruteng, Mgr. Sipri Hormat, Senin (19/2). Hadir juga Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar.

Selain itu hadir pastor Paroki Kajong, Romo Bernad Palus, sejumlah pimpinan OPD, wakil kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Yustinus Ama Pala, pejabat serta pegawai Bank NTT dari kantor pusat dan Cabang Ruteng, Camat Reok Barat, para kepala desa, tokoh adat, para guru, pelajar, dan masyarakat.

Peresmian itu diawali dengan ibadah sabda yang dipimpin Vikjen, Romo Alfons. Setelah pengguntingan pita, meninjau beberapa ruangan sekaligus melihat sarana dan prasarana pendukung yang ada di gedung kantor fungsional tersebut. Sebelumnya, rombongan Bupati Hery bersama Dirut Riwu Kaho, diterima di tempat itu secara adat Manggarai "Tuak curu dan manuk kapu".

"Kantor fungsional Kajong merupakan yang ke-117 untuk skala kantor fungsional tersebar di seluruh NTT. Dimana itu bagian dari upaya kita dalam revitalisasi dan refocusing bisnis," ujar Dirut Bank NTT, Riwu Kaho, kepada media ini usai peresmian kantor fungsional Kajong.

Sehingga lanjut Dia, tentu dengan adanya kantor fungsional itu, selain untuk melaksanakan fungsi intermediasi bank, yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, juga bisa mengakses kebutuhan masyarakat untuk menguatkan ekonomi skala mikro. Dimana pada kantor itu, juga bisa melayani pelayanan kredit, khususnya mikro kecil.

"Kehadiran Bank NTT di Kajong, dengan kewajiban melakukan literasi, edukasi, akan terbangunnya inklusi keuangan yang bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat, dan skim yang sudah kita siapkan," ujar Riwu Kaho.

Dalam kesempatan itu, Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Keuskupan Ruteng, dan Paroki Kajong, yang mengizinkan bangunan milik Paroki untuk dijadikan tempat pelayanan dari kantor fungsional. Juga terima kasih kepada Pemda Manggarai yang terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Bank NTT.

Sementara Bupati Hery, dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang sudah menghadirkan kantor fungsional di wilayah Kajong. Tentu ini sudah menjawab kerinduan masyarakat setempat. Kehadiran kantor ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat, salah satunya untuk mengakses kredit modal usaha.

"Terima kasih kepada Bank NTT yang sudah berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Manggarai. Selain memberikan pinjaman daerah untuk pembangunan jalan, jembatan, penataan lapangan motang rua, dan pembangunan lain, juga menghadirkan kantor fungsional yang hari ini kita resmikan," kata Bupati Hery.

Dikatakan, kehadiran kantor fungsional itu tentu mendorong pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Tentu juga, kehadiran kantor fungsional itu tidak saja untuk melayani masyarakat Kajong atau Reok Barat, tapi juga untuk warga dari kabupaten Manggarai Barat. Harapannya, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti kredit usaha mikro, bisa dipenuhi oleh bank NTT, (kr1/thi)

  • Bagikan