Terus Dukung Pembangunan Ekosistem Toleransi

  • Bagikan
PROKOMPIM FOR TIMEX ARAHAN ARAHAN. Pj Sekda Kota Kupang, Ade Manafe memberikan arahan pada apel kesadaran KORPRI, Senin (19/2)

Ajakan Pj Sekda Kota Kupang pada Apel Kesadaran KORPRI

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Kupang, Abraham D. E. Manafe mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang serta para camat dan lurah untuk mendukung kepala daerah dalam membangun ekosistem toleransi di wilayah kerja masing-masing.

Permintaan tersebut disampaikan Pj Sekda Kota Kupang saat menjadi pembina apel kesadaran Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) lingkup Pemkot Kupang, Senin (19/2).

Dalam arahannya, Pj Sekda Kota Kupang menyampaikan bahwa pada 30 Januari kemarin, Kota Kupang menerima penghargaan indeks kota toleran tahun 2023 dari Setara Institute.

Dari 10 kota yang dipilih, kata Ade Manafe, Kota Kupang menempati urutan ke-9 dengan skor 5.953. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang skornya hanya 5.687.

Penghargaan tersebut, katanya, membuktikan visi Pemkot Kupang sebagai rumah besar persaudaraan terus menjadi pedoman bagi pejabat pemerintah dan masyarakat.

Pj Sekda juga mengaku, masalah toleransi di beberapa daerah muncul karena komitmen pemimpin daerah yang kurang ramah terhadap toleransi. Karena itu, dia mengimbau untuk mendukung kepala daerah dalam membangun ekosistem toleransi.

Dengan melakukan terobosan promotif terhadap kemajuan toleransi dan menciptakan sarana komunikasi antar umat beragama, diharapkan prestasi Kota Kupang sebagai kota toleran dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkot Kupang atas suksesnya pelaksanaan Pemilu dan pemilihan presiden beberapa hari yang lalu, yang berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kita patut bersyukur karena satu agenda besar berhasil kita lalui dengan suasana kondusif. Saya berharap situasi ini bisa terus kita pertahankan di tahapan-tahapan selanjutnya, sambil menunggu hasil resmi dari KPU,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, setelah ini, masih di tahun yang sama, akan dimulai tahapan pemilihan kepala daerah. Karena itu, Pj Sekda menegaskan kepada seluruh pegawai untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

“Saya mengajak seluruh pegawai untuk turut berpartisipasi mengawal dan menjaga ketertiban tahapan pemilu dan pemilukada 2024, agar dapat terlaksana dengan lancar dan tercipta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Pj Sekda mengucapkan terima kasih kepada semua pegawai lingkup Kota Kupang yang telah menunjukkan etos kerja, dedikasi, loyalitas, dan pengabdian yang tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan publik daerah ini.

Ia berharap agar seluruh pegawai tetap bersemangat, menjaga kekompakan, memegang teguh komitmen, bersikap profesional, serta menjunjung tinggi citra dan martabat sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Dengan sejumlah arahan tersebut, Pj. Sekda berupaya meningkatkan kualitas dan integritas demokrasi, serta memperkuat ekosistem toleransi di Kota Kupang guna menjaga persatuan dan keberagaman. (cr3/gat)

  • Bagikan