Pleno PPK Kota Lama Rampung

  • Bagikan
IST PLENO. Suasana pelaksanaan pleno di tingkat Kecamatan Kota Lama yang hanya digelar lima hari kerja sejak 20-25 Februari. Diabadikan pekan kemarin.

Hanya Dalam Waktu Lima Hari

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang telah menetapkan jadwal pelaksanaan pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Kupang. Sesuai jadwal yang ditetapkan tersebut, pelaksanaan pleno tingkat PPK dimulai pada 20 Februari hingga 1 Maret.

Namun demikian, Kecamatan Kota Lama sudah menuntaskan pelaksanaan pleno dalam lima hari kerja atau lebih cepat dari jadwal yang sudah ditetapkan KPU Kota Kupang. Dari total enam kecamatan di Kota Kupang, lelaksanaan pleno di masing-masing kecamatan sudah dimulai sejak 20 Februari lalu di kantor kecamatan masing-masing.

Kecamatan Kota Lama sendiri menggelar pleno di Kantor Camat Kota Lama sejak 20-25 Februari. Pleno tersebut juga dihadiri Panwascam Kota Lama dan para saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik dan calon DPD.

Pleno dilakukan untuk 96 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 10 kelurahan se-Kecamatan Kota Lama dipimpin Ketua PPK Kota Lama, Agustinus Panab didampingi anggota Ahmad Bazher, Joahanna Mozes dan Wandry Siokain serta Ketua Panwascam Kota Lama, Yuni Ratu didampingi anggota Edi Neloe dan Aisyah Rery.

Pleno berturut-turut dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Airmata, LLBK, Bonipoi di hari pertama dengan jumlah 14 TPS. Di hari kedua, Rabu (21/2) pleno untuk PPS Fatubesi dan Tode Kisar 18 TPS.
Hari ketiga, Kamis (22/2) pleno untuk 19 TPS dari PPS Merdeka dan Nefonaek dilanjutkan pada hari keempat, Jumat (23/2) untuk 23 TPS dari PPS Solor dan Nefonaek.

Pleno Kecamatan Kota Lama diakhiri untuk 22 TPS dari PPS Pasir Panjang pada Sabtu (24/2). Setiap hari, pleno digelar hingga pukul 21.00 wita.

Dari hasil pleno, tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Kecamatan Kota Lama sebanyak 25.400 orang terdiri dari pria 12.276 orang dan perempuan 131.124 orang. Jumlah yang menggunakan hak pilih sebanyak 16.971 orang terdiri dari pria 8.086 orang dan perempuan 8.885 orang. Pemilih Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb sebanyak 199 orang terdiri dari laki-laki 199 orang yakni 99 orang laki-laki dan 100 orang perempuan.

Pemilih Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 240 orang terdiri dari 103 pria dan 137 orang perempuan. Pemilih disabilitas sebanyak 114 orang yakni laki-laki 54 orang dan perempuan 60 orang.

Hasil Pemilihan presiden, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 11.217 suara disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 3.473 suara dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 2.156 suara.

Untuk pemilihan DPD, suara terbanyak diperoleh Abraham Paul Liyanto sebanyak 4.129 suara disusul Hilda Manafe 2.540 suara diikuti Siti Saudah Mustafa sebanyak 2.462 suara, kemudian Sarah Lery Mboeik sebanyak 1.375 suara dan El Asamau sebanyak 1.329 suara.

Ketua PPK Kota Lama, Agustinus Panab saat menutup pleno PPK Kota Lama, Sabtu malam (24/2) menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Panwascam Kota Lama, Camat Kota lama dan perangkat Kecamatan Kota Lama, PPS dan KPPS se- Kecamatan Kota Lama, aparat kepolisian dan TNI yang sudah mendukung penuh pelaksanaan pleno selama lima hari.
Ia jugabmenghargai proses dinamika yang terjadi selama pelaksanaan pleno.

"Walaupun ada dinamika dalam pleno, namun pleno bisa berjalan dengan lancar serta bisa diselesaikan dalam waktu lima hari pelaksanaan pleno," ujar kata sekretaris KPU Kabupaten Sabu Raijua ini.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh anggota PPK dan PPS yang sudah bekerja secara tekun sehingga Kecamatan Kota Lama menjadi kecamatan pertama dari enam kecamatan di Kota Kupang yang menuntaskan pleno tingkat kecamatan.

Ketua Panwascam Kota Lama, Yuni Ratu juga memberikan sejumlah catatan terkait pelaksanaan pleno tingkat kecamatan. Yuni Ratu menyoroti kerja sejumlah KPPS yang belum paham mekanisme dan cara kerja saat perekapan hasil.

"Pada dasarnya, pelaksanaan perekapan sudah baik namun masih ada KPPS yang belum maksimal dalam merekap hasil sehingga ini juga menjadi catatan untuk melakukan evaluasi," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kerja bersama dalam mengawal proses demokrasi ini dan tetap mengawal proses pleno hingga tuntas di tingkat Kota Kupang.

Camat Kota Lama, Pah B. S. Messakh juga menghargai kerja tim yang sudah sukses melakukan pleno selama lima hari dengan berbagai dinamika.

"Semua yang kita lakukan sukses karena kerjasama semua tim sehingga pelaksanaan pleno bisa berjalan dengan baik," tandasnya.

Seluruh logistik Pemilu baik kotak suara, bilik suara, boks dan dokumen lainnya langsung diserahkan ke KPU dan diantar ke gudang KPU Kota Kupang pada Minggu (25/2). (thi/gat)

  • Bagikan