BI NTT Dorong Empat UMKM NTT Ke Level Nasional

  • Bagikan
KPW BI NTT FOR TIMEX KURASI UMKM. BI NTT memfasilitasi empat UMKM NTT pada kurasi UMKM Road to Bali Jagadhita yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2024, di Bank Indonesia Bali, Senin (4/3).

Pada Kurasi Road to Bali Jagadhita

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Sebagai bentuk dukungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur terhadap pengembangan UMKM Provinsi NTT, dan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, BI NTT memfasilitasi empat UMKM NTT pada kurasi UMKM Road to Bali Jagadhita yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2024, di Bank Indonesia Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati mengatakan, kurasi UMKM Road to Bali Jagaditha bekerjasama dengan kurator nasional diantaranya adalah chef Ida Bgs Gde Desimarta, untuk sektor food dan designer Ali Charisma untuk sektor fashion.

Selain kurasi, kata dia, terdapat workshop untuk UMKM sektor fashion. Pada acara tersebut, BI NTT mengirimkan empat UMKM, yaitu dua UMKM sektor food yaitu MoriGe dan Hasrinda, serta dua UMKM sektor fashion yaitu Tenun Sawonga Ende dan Tiell Ethnic.

Kegiatan kurasi berjalan lancar dengan beberapa masukan dari kurator untuk pengembangan UMKM. UMKM food diharapkan dapat meningkatkan penggunaan bahan baku untuk menekan angka stunting dan mempertahankan kualitas cita rasa yang konsisten di setiap produk.

"Sedangkan untuk UMKM fashion diharapkan dapat menerapkan sustainable fashion serta mengembangkan skill sebagai fashion designer," ujarnya, Jumat (8/3).

Dia menambahkan, empat UMKM yang dikirimkan BI NTT dinyatakan lolos kurasi dan akan diikutsertakan pada Event Bali Jagadhita pada Bulan Juni 2024.

Outcomelain dari proses kurasi tersebut adalah Tenun Sawonga Ende dan Tiell Ethnic diminta untuk melakukan Business Matching Penjualan agar tercipta ekosistem produk ready to wear yang lebih besar dan kompetitif di pasar regional dan nasional. (thi)

  • Bagikan