KSP Setiawan Kekuatan Masyarakat Menuju Bonum Commune

  • Bagikan
SARVER BHULA/TIMEX RAT. Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena (Baju Putih) sedang berikan sambutan saat kegiatan RAT Kopdit Setiawan. Bertempat Di Aula Paroki Dolorosa, Kelurahan Mangulewa, Kecamatan Golewa Barat. Kabupaten Ngada, Kamis (14/3).

BAJAWA,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Koperasi Kredit (Kopdit) Setiawan Bajawa gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 37. Kegiatan RAT tersebut bertempat di Aula Paroki Mater Dolorosa Mangulewa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Kamis (14/3).

Turut hadir dalam kegiatan RAT tersebut yakni Manajer Puskopdit Flores Mandiri Mikael Hengkoda Djawa, Wakil Bupati Ngada, Raimundus Bena dan Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Ngada Paskalis Wale Bay, serta segenap anggota Koperasi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena yang sering disapa Ray Bena mengatakan Kopdit Setiawan adalah kekuatan orang kecil menuju Bonum Comune. Melalui program strategis Tante Nela Paris, pemerintah bertekad dan berkomitmen untuk terus membawa perubahan bagi masyarakat.

Dirinya bersama Bupati Ngada Andreas ingin adanya percepatan pembangunan dengan terus-menerus mendorong dan meningkatkan peran koperasi-koperasi di Ngada untuk mendukung program Tante Nela Paris.

Sebagai salah satu lembaga yang menggerakkan roda perekonomian di daerah ini, pihaknya juga harus memberikan apresiasi kepada KSP Kopdit Setiawan. Keberadaan KSP Kopdit Setiawan, kata dia, sangatlah sejalan dengan program Tante Nela Pari syang bermuara pada Tuka, Tuku, Teka. Koperasi sangat berkaitan erat dengan Tuku yaitu menabung.

"Masyarakat perlu diajak dan didorong agar bisa menyimpan dan meminjam secara teratur, tertib dan bijaksana dalam memenuhi kebutuhan hidup, peningkatan usahanya untuk hidup yang lebih sejahtera," kata dia.

Menurutnya, hal ini tentunya untuk sebuah kebaikan bersama yang dalam bahasa Latin disebut bonum commune yang adalah hal yang menjadi tujuan bersama hidup berkoperasi. "Tujuan bersama inilah yang mengikat anggota untuk bersatu atau bergabung dalam nuansa saling membantu," ungkapnya.

Diharapkan bahwa Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2023 anggota Kopdit Setiawan dapat mengevaluasi secara kritis, obyektif dan rasional kinerja KSP Kopdit Setiawan melalui musyawarah yang bercirikan semangat kekeluargaan, kecintaan dan kesetiaan terhadap koperasi ini.

Wakil Bupati Ngada Ray juga berharap melalui RAT dapat meningkatkan komitmen yang profesional demi kemajuan koperasi pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Dia melanjutkan, Kopdit Setiawan harus dapat mengakses keluarga miskin, para petani dan nelayan juga Kopdit Setiawan harus bisa mengembangkan produk-produk simpanan dan pinjaman yang merupakan hasil aspirasi anggota.

Dia berharap, Kopdit Setiawan untuk terus kembangkan Kopdit sebagai Lembaga pendidikan dan pembelajaran dan perlu menyadarkan anggota bahwa miskin itu bukan takdir serta terus meneguhkan keyakinan dengan membangun jati diri yang berlandaskan kemandirian sehingga mampu menolong diri melalui kekuatan sendiri.

"Kepada para Pengurus, pengawas dan mnajemen KSP Kopdit Setiawan diharapkan agar dalam melaksanaanya tugasnya harus bersikap jujur, tanggung jawab dan tansparan dan kepada seluruh anggota dimintanya untuk terus meningkatkan budaya menabung serta mengurangi pola hidup boros atau konsumtif, sehingga apa yang disebut Tuku atau tabungan bisa terisi," tambahnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Kopdit Setiawan Maria Angeli dalam sambutannya mengatakan, Rapat Anggota Tahunan KSP KOPDIT SETIAWAN ke- 37 Tahun Buku 2023 jumlah peserta yang diundang sebanyak 700 orang yang tersebar di 4 kantor cabang yang merupakan perwakilan dari 10.837 orang anggota.

Sesuai Program kerja dan rencana usaha Tahun Buku 2023 yang telah disahkan dalam RAT sebelumnya semuanya berjalan dengan baik sehingga bermuara adanya penambahan jumlah anggota baru sebanyak 726 orang dari target 1.089 orang atau 66.6 % dari rencana.

Adanya pertumbuhan asset sebesar Rp. 3.97 M atau 99.8 % sehingga aset posisi 31 Desember 2023 sebesar Rp.91.225.924.689,- Simpanan saham Rp. 1.220.261.000 dan non saham Rp.2.163.545.604, pelepasan pinjaman kepada1.953 orang sebesar Rp. 24.435.550.000 atau 100 persen dari rencana.

"Liquiditas 19,43 persen adanya peningkatan pendapatan dari Tahun sebelumnya Rp. 9.358.906.401 naik menjadi Rp. 9.723.140.385 sehingga berdampak pada peningkatan/naiknya jumlah deviden anggota atau yang Bapak ibu kenal dengan nama SHU," ungkapnya.

Pantauan media ini, kegiatan RAT Kopdit Setiawan ke 37 tersebut acara inti RAT dipandu Nicolaus Noywuli selaku Wakil Ketua Pengurus yang selanjutnya peserta RAT mempercayakan kepada Ludgadis Anu dan Kristoforus Petrus Pili sebagai Ketua dan Sekretaris pimpinan sidang.

Pada kesempatan tersebut juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ngada Paskalis Wale Bay melantik dan mengambil sumpah dua orang anggota Pengawas Kopdit Setiawan sisa waktu periode 2022- 2024 yakni Ermelinda Bupu dan Alfons Elfridus Fongo. (kr9/thi)

  • Bagikan