Bagi Pelamar ASN, Akhir Mei 2024 Rencana Pembukaan Pendaftaran CPNS dan PPPK

  • Bagikan
ARAHAN. Bupati Ngada, Paru Andreas saat memberi arahan kepada 277 lulusan PNS usai penyerahan SK Pengangkatan bertempat di Lapangan Katini Bajawa, Jumat (22/4). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa proses pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai rencana akan dibuka pada akhir Mei 2024.

"Bulan Mei akhir, akan kita lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024, meliputi CPNS dan PPPK," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putrantosaat saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Haryomo mengatakan, pendaftaran CPNS ini bersamaan dengan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Untuk menuju ke proses pendaftaran tersebut, lanjut Haryomo, akan ditandai dengan pengumuman rincian formasi jabatan CPNS dan PPPK di masing-masing instansi pusat.

Haryomo juga memastikan bahwa pelaksanaan tes rekrutmen CASN formasi umum ini akan dilakukan pada Juni 2024. "Tesnya dilakukan sebulan setelah itu, akhir bulan Juni kita akan melakukan seleksi untuk formasi yang di luar kedinasan atau formasi umum," imbuhnya.

Hingga saat ini, sambung Haryomo, proses rekrutmen ASN 2024 masih masih melakukan perincian formasi di masing-masing instansi. Setelah itu, rincian jabatan yang telah dibuat akan diajukan ke BKN untuk dilakukan verifikasi dan validasi.

Selanjutnya, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menetapkan alias menyetujui rincian yang telah diajukan masing-masing instansi tersebut.

"Sekarang kita baru minta instansi untuk melakukan perincian formasi. Instansi akan merinci butuh jabatan apa saja, disampaikan ke BKN untuk dilakukan verifikasi dan validasi. Nanti disampaikan Pak Menteri untuk ditetapkan kembali," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian PANRB menetapkan total formasi CASN 2024 yang akan dibuka pada periode pertama sebanyak 1.289.824. Angka tersebut terdiri dari 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.

Plt Deputi SDM Aparatur Aba Subagja menjelaskan, total formasi tersebut baru sebagian dari rencana formasi nasional yang ditetapkan untuk tahun 2024 sebanyak 2,3 juta.

Adapun rinciannya, untuk instansi pusat formasi yang akan dibuka sebanyak 427.650 yang terdiri atas 130.414 CPNS dan 297.236 bagi PPPK. Sedangkan untuk formasi instansi daerah sebanyak 862.174 terdiri dari CPNS sebanyak 148.013 dan 714.161 untuk PPPK. (JPC/aln)

  • Bagikan