Tim Posko Siaga Bencana Jawab Keluhan Warga

  • Bagikan
IST BERSIHKAN. Tim Posko Siaga Bencana usai membersihkan pohon tumbang yang menghalangi akses jalan warga di RT 12/RW 04, Kelurahan NBS, Minggu (17/3).

Pohon Tumbang Halangi Akses Jalan di Kelurahan NBS

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Tim Posko Siaga Bencana merupakan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Dinas PUPR, Dinas Permukiman, Dinas Sosial, anggota Satpol PP dan unsur terkait lainnya. Tugas dari Tim Posko Siaga Bencana ini yakni menjawabi keluhan.

Salah satu keluhan yang dijawab datang warga Kelurahan Nunbaun Sabu (NBS), Kecamatan Alak Kota Kupang. Keluhan warga tersebut terkait adanya pohon tumbang yang menghalangi akses jalan warga sehingga warga kesulitan melintas.Pohon tumbang itu terjadi di wilayah RT 12/RW 04 yang disebabkan karena cuaca ekstrem pada Minggu (17/3).

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung melalui Kasi Humas, Ipda Florensi Ibrahim Lapuisaly mengatakan bahwa pohon tumbang tersebut mengakibatkan akses jalan warga menjadi terganggu. Karena itu maka warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada Posko Siaga Penanganan Bencana Alam Cuaca Ekstrem.

Tim Siaga Posko yang mendapat laporan dari warga langsung mendatangi lokasi pohon tumbang dan melakukan pemotongan dengan menggunakan alat pemotong kayu dan membersihkan sisa pohon yang tumbang.

"Pembersihan pohon yang tumbang itu dilakukan agar mobilitas warga tidak terganggu. Sebab, pohon tersebut tumbang dan menutup akses jalan," jelasnya.

Kejadian pohon tumbang tersebut tidak menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa ataupun luka. Sementara terkait dengan adanya Tim Posko Siaga Bencana yang bertugas ini yakni menangani segala bentuk dampak dari bencana alam yang ditimbulkan, akibat hujan lebat dan angin kencang yang telah melanda Kota Kupang sepekan kemarin.

Polresta Kupang Kota akan membantu pihak BPBD untuk pelaksanaan penanganan darurat bencana alam, dengan menurunkan personel dalam upaya-upaya penanganan yang cepat dan tepat sesuai SOP.

"Pada dasarnya tentu kami akan membantu dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki, dan penyiapan posko tanggap darurat bersama instansi-instansi terkait lainnya,” pungkasnya. (r1/gat)

  • Bagikan