Puting Beliung Rusak 11 Rumah Warga Solor

  • Bagikan
IST SERAHKAN BANTUAN. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kupang Ricko Umar (kiri) menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada salah satu warga terdampak bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Solor, Selasa (19/3)

Ricko Umar: BPBD Sudah Salurkan Bantuan Tanggap Darurat

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Terdapat sekira 11 unit rumah warga di Kelurahan Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang terdampak angin puting beliung yang terjadi, Selasa pagi (19/3). Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun terdapat kerugian material. Pasalnya, sejumlah atap rumah warga terangkat diterpa angin puting beliung.

"Kami dari BPBD Kota Kupang sudah berikan bantuan tanggap darurat kepada warga yang terdampak," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kupang, Ricko Umar, Rabu (20/3).

Akibat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi itu maka Tim Posko Siaga Bencana Kota Kupang yang terdiri dari instansi pemerintah dan TNI-Polri serta beberapa pihak terkait langsung turun ke lokasi kejadian dan memberikan bantuan.

Peristiwa angin puting beliung ini menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah warga di wilayah RT 14/RW 05, Kelurahan Solor. Beberapa unit rumah warga terdampak angin puting beliung ini yaitu Welmince Lena Heo yang rumahnya mengalami kerusakan total pada garasi, Isak Ie, Noldi Said, Linda A. Djami dan Juliana Kore Rohi yang mengalami kerusakan pada atap rumah masing-masing.

Di wilayah RT 11/RW 04, kerusakan juga dialami oleh Syeh Alim, Yohanes Hayon, Ali Alatas, dan Suhadi Yanto Arsyan. Selain itu, Muhamad Alkatiri di wilayah RT 09/RW 03 dan Marni Pawiro di RT 10/RW 04 juga mengalami kerusakan pada atap dapur rumah.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Solor, Aipda Abdullah Sagran bersama Babinsa, Satpol PP dan BPBD Kota Kupang turun langsung ke lokasi untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana alam ini. Bekerja sama dalam Posko Siaga Bencana BPBD Kota Kupang untuk memberikan bantuan dan memulihkan kondisi pascabencana.

Kapolsek Kota Lama AKP Jemy O. Noke, mengatakan bahwa akibat bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Kelurahan Solor, maka warga yang terkena dampak langsung bencana alam itu mengalami kerugian material yang cukup besar.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian material cukup besar. Seperti adanya seluruh bagian atap rumah yang terlepas," jelasnya.

Selain itu, ada juga kejadian pohon tumbang, sehingga Bhabinkamtibmas Kelurahan Solor langsung mengimbau warga untuk melakukan pemangkasan dan penebangan pohon-pohon besar agar terhindar dari bahaya pohon tumbang. (r1/gat)

Data Korban Bencana Alam Angin Puting Beliung:
Nama RT/RW Kerusakan

  1. Welmince Lena Heo RT 14/RW 05 Garasi
  2. Isak Ie Atap Rumah
  3. Noldi Said Atap Rumah
  4. Linda A. Djami Atap Rumah
  5. Juliana Kore Rohi Atap Rumah
  6. Syeh Alim RT 11/RW 04 Atap Rumah
  7. Yohanes Hayon Atap Rumah
  8. Ali Alatas Atap Rumah
  9. Suhadi Yanto Arsyan Atap Rumah
  10. Muhamad Alkatiri RT 09/RW 03 Atap Dapur
  11. Marni Pawiro RT 10/RW 04 Atap Dapur Rumah.

Sumber Data: BPBD Kota Kupang

  • Bagikan