147 Siswa- Siswi Ikut Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Ende

  • Bagikan
ALEXIUS RAJA SEKO/TIMEX BERI ARAHAN. Sekda Kabupaten Ende Agustinus Gaja Ngasu buka seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Ende, di ruang Garuda lantai II kantor Bupati Ende, Senin ( 25/3)

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Bertempat di ruang Garuda lantai II kantor Bupati Ende, Senin ( 25/3), diselenggarakan seleksi calon anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten Ende. Sebanyak 147 calon berjuang untuk mendapatkan 27 calon untuk tingkat kabupaten dan 2 orang lainnya yang akan mewakili Kabupaten Ende ketingkat Propinsi di Kupang.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Ende Dr. Agustinus Gaja Ngasu mewakili Bupati Ende yang tidak sempat hadir.

Dikesempatan ini, hadir Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M, Dandim 1602/ Ende Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto, Asiten Pemerintahan Dahlan, Kaban Kesbangpolda Gabriel Dala, dan juga perwakilan guru dari masing-masing SMA/ SMK, MAN.

Dalam sambutannya Bupati Ende Djafar Achmad yang dibacakan oleh Sekda Agustinus Gaja Ngasu mengatakan, para siswa yang hadir merupakan utusan terbaik dari sekolah yang ada di Kabupaten Ende untuk mengikuti seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Ende.

Dikatakan, momen ini menjadi wahana yang tepat untuk dapat membuktikan kesiapan menjadi anggota Paskibra Kabupaten Ende Tahun 2024.

Dikatakan, untuk menjadi anggota Paskibra adalah impian dari semua anak dan merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa ketika nanti terpilih menjadi anggota Paskibra, dimana akan menjadi catatan emas dan dikenang sepanjang masa bahwa pernah menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ende.

"Saya sangat yakin ketika kalian ditunjuk mewakili Sekolah pasti ada kebanggaan di hati adik-adik karena terpilih dari sekian banyak siswa. Oleh karena itu momen seleksi ini harus adik-adik pergunakan sebaik mungkin guna melaksanakan kepercayaan dan tanggung jawab yang sudah diberikan kepada adik-adik," ucapnya.

Disebutkan , yang hadir sekarang ini adalah siswa-siswi pilihan dari sekolah, sebab banyak yang berharap tetapi sedikit yang dipilih. Ketika dipilih , lanjutnya, tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan dari pihak sekolah dan juga tim yang ditugaskan untuk memilih calon Paskibraka Kabupaten Ende.

"Buktikan kepada teman-teman kalian, bahwa kalian memang pantas dan layak mewakili teman-teman kalian. Ikuti semua tahapan yang disampaikan panitia," ucapnya.

Kegiatan ini , kata dia,juga menjadi momen untuk melatih disiplin dan tanggung jawab atas kepercayaan yang sudah diberikan. Disamping itu momen seleksi ini juga mau melatih untuk mengetahui suasana dan situasi kompetisi dengan segala aturan, persyaratan yang harus diikuti untuk menjadi yang terbaik sehingga dipilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ende Tahun 2024.

" Saya ingatkan kepada adik-adik agar bisa berkompetisi dengan baik. Tunjukan ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan yang adik-adik miliki" sebut dia lagi.

Kepada Panitia Seleksi, dia berharap agar dapat melakukan penilaian secara obyektif, dan mengikuti semua tahapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai Panitia Seleksi , ujarnya, juga ada tanggung jawab besar untuk memilih yang terbaik dari yang baik.

" Tanamkan dalan pikiran dan sanubari saudara-saudara bahwa Semua yang hadir ini adalah anak-anak kita semua, kebanggaan kita bersama, sehingga nantinya mereka yang terpilih adalah memang mereka yang memang layak dan pantas dipilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ende" ucapnya.

Dia juga berharap, setelah melewati berbagai tahapan dan dipilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Ende, buktikan bahwa memang layak dan pantas menjadi anggota Paskibraka sampai pada melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera HUT Proklamasi Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.

"Bagi yang belum terpilih pada pengumuman Penentuan Calon anggota saat Paskibraka, saya berharap agar adik-adik jangan berputus asa, tetapi adik-adik juga harus berbangga pernah berada pada pada situasi dan pengalaman berharga ini, dipilih untuk mengikuti tahapan seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Ende, " ucapnya .

Sementara itu dalam laporan Panitia Seleksi mengatakan,, nantinya juga akan memilih putra/ Putri terbaik sebagai calon Paskibraka Tingkat Propinsi yang menjadi utusan Kabupaten Ende.

Sementara itu, juga memilih 27 peserta untuk.menjadi calon Pakibraka Kabupaten Ende berdasarkan perankingan yang akan bertugas mengibarkan Duplikat Bendera Pusaka pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus Tahun 2024 dan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni Tahun 2025;

Penyelenggaran Kegiatan Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka Kabupaten Ende Tahun 2024 dilaksanakan sampai dengan bulan April tahun 2024 bertempat di Ruang Garuda Kantor Bupati Ende, Kantor Kesbangpol Daerah Kabupaten Ende dan beberapa lapangan yang ada di Kota Ende.

Setidaknya, dari 47 SMA/MA dan SMK/MAK yang ada di Kabupaten Ende yang membuat akun pendaftaran sebanyak 21 SMA/MA dan SMK/MAK dengan jumlah akun sebanyak 254 Akun.

Dari 254 akun yang mendaftar, 214 akun yang mengunggah berkas persyaratan dan 40 akun tidak mengunggah berkas persyaratan sehingga hanya 214 akun yang diseleksi administrasi oleh verifikator di Kesbangpol Daerah Kabupaten Ende.

Hasil verifikasi mendapatkan 147 Akun yang memenuhi syarat dan 67 akun yang tidak memenuhi syarat. Adapun pentahapan seleksi Paskibraka Kabupaten Ende Tahun 2024 antara lain, Seleksi Administrasi (sistim gugur), Seleksi Pembinaan Ideologi Pancasila yaitu Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (sistim gugur dengan passing grade 70), Seleksi Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai kelulusan 60 ke atas), Seleksi Kesehatan (sistim gugur).

Selain itu juga seleksi Parade (sistim gugur); Seleksi Baris-berbaris (penilaian): Seleksi Kesamaptaan (penilaian); dan Seleksi Kepribadian (penilaian);
Hasil akhir adalah perangkingan nilai rata-rata dari jumlah nilai Seleksi Baris-berbaris, Seleksi Kesamaptaan dan Seleksi Kepribadian.

Seperti uang disaksikan usai pembukaan langsung dilanjutkan dengan mengikuti tahapan seleksi Pembinaan Ideologi Pancasila (Pancasila dan Wawasan Kebangsaan) oleh 147 peserta. (kr4/thi)

  • Bagikan