NTT Raih Indeks Kerukunan Umat Beragama Tertinggi Nasional

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih nilai Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) tertinggi tingkat nasional tahun 2021. Nilainya berada pada rerata nasional 72,39 atau naik 4,93 poin dari tahun sebelumnya (2020).

Dengan perolehan itu, NTT mendapat poin 81,07, dan berada pada peringkat pertama dari 10 provinsi dengan indeks KUB pertama. Posisi kedua ditempati Papua dengan poin 80,20, lalu ketiga ada Provinsi Sulawesi Utara dengan poin 78,35.

“Selain prestasi di bidang Kerukunan Umat Beragama, di bidang kinerja dan laporan keuangan juga banyak prestasi yang telah dicapai Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag), baik di lingkup Kanwil maupun kabupaten/kota, yang diberikan oleh instansi terkait. Juga pada pertandingan di bidang keagamaan tingkat nasional,” jelas Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag NTT, Reginaldus S. S. Serang, saat menyampaikan sambutan pada Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama RI, di Kanwil Kemenag NTT, Senin (3/1).

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag NTT, menyampaikan pesan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, bahwa pada setiap pelaksanaan HAB Kemenag RI tanggal 3 Januari, selalu menjadi kick off pelaksanaan program kerja tahun berjalan.

Untuk tahun 2022, dengan tema “Transformasi Layanan Umat”, Kemenag NTT bertekad memberikan layanan prima dan terintegrasi pada umat beragama berbasis digital dan non digital pada umat beragama, baik bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan serta umat beragama. “Kemenag selalu hadir sebagai payung teduh bagi umat beragama di Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kemenag Kota Kupang Bangun Kapabilitas Kepemimpinan Digital

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Reginaldus berkesempatan menyerahkan secara simbolis penghargaan Satya Lencana Karya Satya bagi ASN yang telah mengabdi dengan baik di Kemenag selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Selain itu, Kakanwil juga menyerahkan Piala dan Hadiah simbolis dari Kemenag RI, bagi para juara Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIV tahun 2021 dari utusan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag NTT, yang dilaksanakan pada 20 Oktober 2021.

Selanjutnya menyerahkan hadiah bagi para juara pertandingan Bulu Tangkis antarunit lingkup Kanwil Kemenag NTT. Dimana Juara I adalah tim Subbag Perencanaan, Data dan Informasi. Juara II, tim Subbag Keuangan dan BMN, dan Juara III, tim Bidang Pendidikan Katolik.

“Jangan merasa kecil, karena sekecil apapun peran kita, memberi dampak positif dan berarti pada kerja tim dalam sebuah institusi kita, yang akan mewarnai keberhasilan kinerja bersama,” pesan Reginaldus.

Usai melaksanakan upacara bendera, Kakanwil dan rombongan pejabat Eselon III, IV, dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Unit Kanwil Kemenag NTT, melaksanakan tabur bunga di TMP Dharmaloka Kupang. (*)

PENULIS: Imran Liarian

  • Bagikan