ASN Inspektorat Kunjungi Rumah Abu Keluarga Lay, Ucapkan Selamat Hari Raya Imlek 2573

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Inspektorat di bawah Kepemimpinan Ruth D. Laiskodat, melakukan kunjungan ke Rumah Abu milik keluarga besar Lay di Kelurahan Lahi Lai Bissi Koepan (LLBK), Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Jumat (28/1).

Dalam kunjungan ini, semua ASN Inspektorat NTT mengenakan pakaian dengan nuansa merah sebagai wujud penghargaan kepada saudara-saudara etnis Tionghoa yang siap menyambut hari raya Imlek 2573 atau Tahun Baru Cina yang jatuh pada 1 Februari 2022.

Rombongan disambut hangat oleh sesepuh atau yang dituakan di Keluarga Lay, yaitu Lay Tjung Wan.

Inspektur Inspektorat NTT, Ruth D. Laiskodat, kepada TIMEX di Rumah Abu keluarga Lay, menjelaskan, setiap hari raya keagamaan, ASN Inspektorat NTT selalu memberikan ucapan selamat kepada saudara-saudara yang merayakan hari raya tersebut. “Hal itu kami lakukan untuk menghargai saudara-saudara yang merayakan,” kata Ruth D. Laiskodat.

Menurutnya, 1 Februari 2022 merupakan hari raya Tahun Baru Cina (Imlek), untuk itu semua ASN Inspektorat NTT ingin mengucapkan hari raya Imlek dari tempat yang bernuansa Imlek atau yang merayakannya.

“Kami minta izin kepada keluarga besar Lay yang merayakan hari raya Imlek, untuk diberikan kesempatan berkunjung ke Rumah Abu milik keluarga Lay, sehingga hari ini (Jumat 28/1) kita datang ke sini (Rumah Abu keluarga Lay). Bentuk penghargaan kita melalui ucapan selamat, kita menghargai seluruh masyarakat dengan keyakinan masing-masing,” jelasnya.

Terkait dengan nuansa merah, Ruth katakan, diketahui bersama bahwa nuansa Imlek itu identik dengan warna merah sehingga seluruh ASN Inspektorat NTT yang hadir di Rumah Abu keluarga Lay mengenakan pakaian bernuansa merah.

“Dengan berkunjung ke Rumah Abu keluarga Lay ini kita bisa tahu sejarahnya berdiri rumah abu ini,” ungkap Ruth seraya menambahkan, kunjungan ini merupakan yang pertama dilakukan instansi yang ia pimpin.

Lay Tjung Wan, selaku sesepuh atau yang dituakan di keluarga Lay, menyampaikan terima kasih kepada Inspektur NTT, Ruth D. Lai, bersama jajarannya mewakili Pemprov NTT untuk berkunjung ke Rumah Abu keluarga Lay.

Mennurut Lay Tjung, kunjungan ini merupakan suatu penghargaan bagi keluarga besar Lay. Karena itu, pihaknya sangat menyambut baik. Sebab, kunjungan ini baru pertama kali dari Pemerintah Provinsi NTT melalui Inspektorat. “Kita ucapkan terima kasih untuk perhatiannya,” ujarnya.

Terkait persiapan menyambut Imlek, Lay Tjung mengatakan, pelaksananaannya masih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Imlek tahun ini jatuh pada 1 Februari 2022, dan tanggal 31 Januari itu merupakan tutup tahun. Masuk ke tahun baru dengan shio Macan Air.

“Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai rasa syukur di tempat para leluhur kita yang abunya tersimpan di Rumah Abu. Kita bersyukur menjalani satu tahun penuh dengan semua berkat yang kita terima dan memohon untuk tahun depan, Imlek 2573 itu, semuanya bisa berjalan dengan baik dan banyak rejeki,” harap Lay Tjung. (r1)

  • Bagikan