Anggota Polres Matim Suntik Vaksin Booster, Kapolres Nugroho: Untuk Jaga Imunitas

  • Bagikan

BORONG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Polres Manggarai Timur (Matim), mulai memperkuat antibodi seluruh anggotanya dengan vaksinasi lanjutan Covid-19 (Booster). Vaksinasi ini diikuti seluruh anggota hingga ke tingkat polsek guna meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terpapar korona.

“Saya sendiri sudah disuntik booster. Termasuk pejabat dan anggota polisi di Polres Matim. Khusus untuk anggota di Polres dan Polsek Borong, kegiatan vaksin booster berlangsung di Mapolres Matim,” ujar Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Siswanto, kepada TIMEX saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis siang (3/2).

Sementara polisi yang bertugas di Polsek, kata AKBP Nugroho, mengikuti vaksin booster di masing-masing Puskesmas. Memang belum seluruh atau semua anggota disuntik vaksin booster. Misalnya dari jumlah 120an anggota yang bertugas di Polres dan Polsek Borong, ada sekira 70an orang yang sudah divaksin ketiga.

“Anggota yang di Polres dan Polsek Borong, baru sekira 70an orang yang sudah disuntik booster. Sementara lainnya belum. Hal itu karena vaksin belum ada. Termasuk yang bertugas di Polsek lain di Matim,” beber AKBP Nugroho.

AKBP Nugroho menyebutkan, anggota yang sudah divaksin booster, penggunaan vaksinnya tidak sama. Bagi mereka yang vaksin pertama dan keduanya menggunakan vaksin jenis Sinovac, maka untuk vaksin booster-nya menggunakan vaksin jenis Pzifer. Sementara kalau vaksin satu dan dua menggunakan jenis AstraZeneca, maka vaksin boosternya harus jenis vaksin moderna.

“Untuk saat ini vaksin jenis Moderna belum ada. Sehingga anggota yang vaksin satu dan dua pakai vaksin jenis AstraZeneca belum bisa disuntik booster. Karena mereka harus pakai Moderna untuk dosis tiga,” jelas AKBP Nugroho.

AKBP Nugroho berharap 196 anggota Polri yang bertugas di wilayah Kabupaten Matim, secepatnya mendapat vaksin dosis lanjutan. Karena tujuannya untuk menjaga imunitas. Juga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maupun varian baru yang muncul yaitu Omicron. “Ini juga sekaligus untuk meningkatkan pelayanan prima kepolisian yang sehat kepada masyarakat,” ujarnya.

AKBP Nugroho mengimbau seluruh personel Polres Matim dan masyarakat, meski sudah mendapatkan vaksin dosis kesatu, kedua serta vaksin booster, harap tetap harus mematuhi prokes (Protokol kesehatan). Tujuannya menjaga keselamatan bersama agar terhindar dari Covid-19.

“Meskipun sudah divaksin, agar tetap disiplin dan patuhi Prokes 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas. Selain itu kegiatan kami dari Polres bersama Pemda Matim, sedang melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6- 11 tahun,” ujar AKBP Nugroho. (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan