Gubernur Jatim Nyatakan Dukung NTT-NTB Tuan Rumah PON 2028

  • Bagikan

SURABAYA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef A. Nae Soi tancap gas. Usai dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman pekan lalu, sosok yang juga Wakil Gubernur (Wagub) NTT ini melakukan tour ke tanah Jawa menemui pimpinan wilayah di daerah itu.

Dimulai dengan bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo lalu ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono IX, hari ini (16/2), Wagub Josef Nae Soi menemui langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya.

Bukan tanpa alasan NTT mendatangi Pemprov Jatim. Wagub NTT Josef menuturkan, kedatangannya ke Jatim untuk meminta dukungan kepada Pemprov Jatim agar NTT bisa menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028 bersama Provinsi NTB. “Saya datang, perlu dukungan dari Ibu Gubernur. Dasar pemikiran kami ke Ibu adalah wawasan Nusantara,” ujar Josef Nae Soi, di kantor Gubernur Jatim, Rabu (16/2).

Josef menegaskan, alasan NTT ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggara PON 2028 karena PON sebelumnya sudah di Papua, yakni di Timur. Kemudian PON 2024 nanti berada di Aceh dan Sumatera Utara di Barat.

“Jadi, kalau bisa, Bu, kami juga diberi kesempatan, ada wawasan Nusantara. Kalau kami diberi kesempatan menjadi tuan rumah. Jadi, lengkaplah wawasan Nusantara itu,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tanpa ragu langsung memberikan dukungan kepada NTT untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah PON 2028 mendatang. “Pak Gubernur (NTT) sudah telepon saya, Pak Wagub Pak Josef juga sudah telepon, dan sekarang kunjungan resmi,” ujar Gubernur Khofifah.

Dalam pertemuan ini, Gubernur Khofifah juga mengajak Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim Muhammad Nabil sebagai wujud keseriusan Jatim dalam memberikan dukungan bagi NTT. “Saya mengajak Pak Nabil, Ketua KONI, sehingga nanti ada perlu dukungan tertulis dari KONI, maka Pak Nabil, insya Allah, sama-sama kita support NTT menjadi tuan rumah penyelenggara PON 2028,” tandasnya. (sam/rak/JPG)

  • Bagikan