Pastikan Keamanan Menu Makanan WBP, Kalapas Kupang Cicipi Terlebih Dulu

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang di bawah kepemimpinan Kepala Lapas (Kalapas) Badarudin terus memberikan pelayanan terbaik bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dalam memenuhi kebutuhan makanan WBP sehari-hari, Kalapas sangat serius memperhatikan secara detail. Bahkan, Kalapas harus terlebih dahulu mencicipi menu makanan yang dimasak sebelum diberikan kepada WBP.

Kalapas Kelas IIA Kupang, Badarudin, ketika ditemui TIMEX di ruang kerjanya, Senin (14/3), menjelaskan, setiap hari untuk pelayanan makanan selalu berganti menu. Ada nasi, sayur, daging ayam, daging sapi, tempe, telur, dan menu lainnya.

Menurut Badarudin, menu makanan sudah terjadwal secara baik. Prinsipnya, menu makanan yang disajikan untuk para WBP memiliki nilai gizi yang tinggi. “WBP wajib makan sehari tiga kali,” tegasnya.

BACA JUGA: 35 WBP Baru Huni Lapas Kupang, Kalapas: Belum Over Kapasitas

Sebelum WBP mengonsumsi menu makanan, sebagai Kalapas, Badarudin memutuskan mencicipi terlebih dahulu. “Saya harus pastikan, apakah menu makanan itu baik dan layak dikonsumsi WBP atau tidak,” ungkapnya.

Untuk pengecekan menu makanan, Kalapas mengaku sering langsung terjun ke dapur untuk mencicipi makanan yang dimasak. Dengan demikian makanan yang dimasak itu benar-benar baik dan layak dikonsumsi WBP.

Badarudin menambahkan, pihaknya secara rutin selalu melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) dengan cara mendatangi langsung blok hunian WBP. “Saya turun langsung dan berdialog dengan para WBP untuk jaring aspirasi dari mereka. Kalau ada yang kurang dalam pelayanan atau ada usul saran, saya langsung tindaklanjuti,” ungkapnya.

Prinsipnya, keamanan dan kenyamanan para WBP itu yang paling utama. Karena itu, monev sangat penting dilakukan. Setiap informasi yang didapat langsung ditindaklanjuti. “Alhamdulillah, sejauh ini semuanya berjalan dengan baik. Kami terus berikan pelayanan terbaik kepada para WBP ,” pungkasnya. (r1)

  • Bagikan