Dubes RI untuk Timor Leste Kunjungi PLBN Napan, Ini yang Dilakukan

  • Bagikan

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Negara Timor Leste, Okto Dorinus Manik melakukan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Senin (14/3). Dubes Okto bersama petinggi Kedubes tiba di PLBN Napan sekira pukul 13.00 Wita.

Rombongan Dubes ini disambut tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat perbatasan RI-Timor Leste. Hadir dalam rombongan, isteri Dubes, Flantina Mutiara Sari Silalahi, PF Politik, Shita Hayu Lukitanindyah, PF Ekonomi & KST, Anti Kurnadi, Atase Imigrasi, Eben Rifqy Taufan, Atase Pertahanan, Kol CHB. Yunianus Simamora, Atase Polri, Kombes. Pol. Gaspar Mikel da Costa, dan Sekretaris Umum Kedubes, Eko Brotto Sutaryo.

Rombongan Dubes di sambut Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, Letkol Inf Andi Lulianto, Dankipam 4 Satgas Pamtas RI-RDTL, Lettu Inf Rudi Megianto, Pasi OPS Satgas Pamtas Yonif 743/PSY, Lettu Inf Dhimas Duan Syailendra, S.T.Han, Danpos Brimod Napan, Aiptu Joko, Kapospol Sub Sektor Napan, Aiptu Wilco Mitang, Supervisor Pos Napan, Yakobus Seran,
perwakilan Bea dan Cukai, Ignatius J. Kefi.

Dubes Okto Manik mengaku bangga dan senang atas sambutan Satgas Pamtas dan masyarakat setempat. “Terima kasih atas penyambutan ini. Tentunya kami merasa bangga dan senang, dan mari sama-sama berkerja menjaga kedaulatan negara kita di garis batas RI-Timor Leste,” ajaknya.

Okto mengatakan, semangat yang ditunjukan Satgas Pamtas kiranya tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Hubungan keluarga khususnya di garis perbatasan ini agar tetap terjalin harmonis, walaupun kondisi pandemi saat ini yang membatasi pergerakan semua. “Perhatian Pemerintah RI maupun Timor Leste untuk dilakukan pembatasan sosial ini sebagai wujud kecintaan pemerintah terhadap keselamatan semua,” ujarnya.

Menurut Okto, keadaan dan kondisi batas negara yang ada di sepanjang garis perbatasan negara meski tidak dilengkapi bangunan benteng, tetapi dengan semangat Satgas ini bisa mencegah upaya pelaku kejahatan penyelundupan.

“Berkaitan dengan kunjungan duka maupun upacara adat, kami akan berusaha membantu. Untuk itu, jaga baik-baik komunikasi yang sudah berjalan agar tetap dipertahankan,” tandasnya.

Okto mengatakan, pemerintah terus fokus membangun wilayah di garis perbatasan. Pembangunan terus berbenah di berbagai sektor selama kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dubes Okto menyebutkan, saat ini pemerintah sedang membangun kantor PLBN Napan, dan ke depan akan dibangun lagi PLBN Haumeni Ana, berupa gedung Tipe C.

Usai memberi sambutan, Dubes RI dan Atase Pertahanan mengecek patok CBRF yang terkena dampak pembangunan PLBN Napan.

Setelah memantau patok batas, Dubes dan rombongan meninggalkan Pos PLBN Napan menuju Distric Oecuse, Timor Leste. Dubes Okto melanjutkan kegiatan di Oesilo dan Pantai Makasar, Distrik Oecuse, Timor Leste.

Sesuai rencana, hari ini (15/3), Dubes dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke PLBN Wini dan PLBN Mota’ain di Kabupaten Belu. (*)

PENULIS: JOHNI SIKI

  • Bagikan