Rajut Toleransi, PSMTI Gelar Buka Puasa Bersama Umat Muslim Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata

  • Bagikan
Pengurus PSMTI NTT dan Kota Kupang saat momen buka puasa bersama dan berbagi kasih dengan umat muslim di Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata, Kamis (28/4). (FOTO: INTHO HERIZON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Peguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan PSMTI Kota Kupang kembali melakukan aksi sosial dengan berbuka puasa bersama umat muslim di Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata, Kamis (28/4).

Kegiatan tersebut digelar untuk merajut kebersamaan dan persaudaraan antarumat agar tetap merawat kebhinekaan dan toleransi yang sudah terjaga selama ini.

Ketua PSMTI Kota Kupang, Fransisco Bernando Bessi pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan sosial ini bukan baru digelar namun sering dilakukan di wilayah Provinsi NTT.

Menurut Sisco --sapaan akrab Fransisco-- untuk penyelenggara buka puasa bersama kali ini merupakan instruksi dari pengurus PSMTI Pusat dan dilakukan pengurus di semua daerah.

Sisco menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus Yayasan Agung Al-Baitul Qadim Airmata yang sudah menerima mereka secara baik.

Sisco menjelaskan, PSMTI merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial dan jauh dari gerakan politik. Organisasi murni melaksanakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian antar sesama yang membutuhkan.

"Kami hadir untuk berbagi bersama saudara-saudara kami di sini. Kami hanya ingin terus membina hubungan persaudaraan yang selama ini terjalin agar tetao rukun," katanya.

Kris Fulbertus, Ketua Panitia dari PSMT NTT menjelaskan, kegiatan tersebut terselenggara atas komunikasi yang baik dengan pihak yayasan. Dikatakan selain di Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata, pihaknya juga berbagi besama anak-anak panti asuhan di Kelurahan Nunbaun Sabu.

"Kami bukan berpolitik namun ini murni bentuk kepedulian bersama umat muslim agar terus merawat persaudaraan di Kota Kupang," sebutnya.

Sekretaris PSMTI Kota Kupang, Mulyono Subroto menambahkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan untuk saling menghargai sesama. Pihaknya dalam menyelenggarakan kegiatan tidak memilih darimana asal usul, agama, suku, ras dan faktor lainnya namun murni berbagi bersama.

Dikatakan, kegiatan ini tidak saja dilakukan di masjid, namun terus melakukn kegiatan yang sama di sejumlah tempat di seluruh NTT.

Sekretaris Umum Yayasan Agung Al-Baitul Qadim Airmata, Abdul Sukur Dapubeang, menyampaikan terima kasih atas kegiatan sosial dan kegiatan buka puasa bersama PSMTI.

Dikatakan, dalam momentum buka puasa kali ini dilakukan dengan berbagi kasih bersama sekaligus merajut kebersamaan anatara kaum muslim dan PSMTI.

"Dalam kesempatan ini juga kami menjelaskan terkait simbol masjid dalam keberagamaan dan persaudaraan di NTT. Kami menyampaikan terima kasih atas niat baik PSMTI NTT dan Kota Kupang yang sudah berbuka puasa bersama," katanya.

Kegiatan ini, kata Abdul Sukur, harus disyukuri karena dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kebersamaan dan kerukunan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat di Kota Kupang. Sebagai penerus, terus menjaga dan merawat kebersamaan yang telah diletakan pendahulu hingga saat ini.

"Peradabaan yang telah dibangun yakni untuk menjaga silaturahmi, baik antarumat dan golongan yang ada," ucapnya. (r3/gat)

  • Bagikan