Lestarikan Ekosistem Laut, PLN Gandeng BKKPN Kupang

  • Bagikan
CORAL TRIANGLE DAY. PLN bersama Kementrian Kelauatan dan Perikanan (KKP), melalui Balai Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, melaksanakan kegiatan peringatan hari Coral Triangle Day tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juni, dan turut dihadiri oleh kelompok penggiat lingkungan dan warga dari desa sekitar, dirayakan di Pantai Oesina, Desa Lifoleo, Kecamatan Kupang Barat, Kamis (9/6) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.(IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - PLN bersama Kementerian Kelauatan dan Perikanan (KKP), melalui Balai Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, melaksanakan kegiatan peringatan hari Coral Triangle Day tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juni. Kegiatan ini turut dihadiri oleh kelompok penggiat lingkungan dan warga dari desa sekitar, dirayakan di Pantai Oesina, Desa Lifoleo, Kecamatan Kupang Barat, Kamis (9/6) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan tersebut diisi dengan aktifitas aksi bersih pantai, transplantasi karang dan edukasi kepada pegiat lingkungan dan masyarakat sekitar tentang pelestarian terumbu karang.

Effendi Kurnianto selaku Manager Unit Pelaksana Proyek 3, Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk komitmen PLN dalam mendukung tercapainya SDG’s (Sustainable Development Goals) dengan turut andil menjaga ekosistem laut.

“PLN tidak hanya semata – mata melaksanakan bisnis kelistrikan, dan tugas kami membangun infrastruktur kelistrikan, tetapi kami juga memiliki kewajiban untuk turut andil dan mengambil peran dalam menjaga ekosistem, dan lingkungan sekitar," ujar Effendi.

Pada kegiatan peringatan Coral Triangle Day, PLN beserta BKKPN dan seluruh elemen yang terlibat melakukan penanaman bibit terumbu karang yang di pasang pada besi berbentuk spider yang berjumlah 50 unit atau sebanyak 300 bibit terumbu karang.

“Pantai Oesina ini merupakan wilayah yang berdekatan dengan lokasi pembangunan pembangkit PLN yakni PLTU Timor 1 dan PLTMG Kupang Peaker, dan melalui kegiatan konservasi terumbu karang ini kami ingin terlibat menjaga ekosistem yang merupakan salah satu komponen sumber daya peisisir dan laut, dan tentunya akan menjadi rumah bagi ikan, sehingga kedepan dapat menjaga hasil tangkapan nelayan sekitar,"tutup Effendi.

Muhammad Ramli selaku Koordinator Program dan Evaluasi BKKPN Kupang pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan bagian dari wilayah Segitiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle) yang memiliki sebaran tutupan terumbu karang dan keanekaragaman hayati spesies yang tinggi.

Peringatan Coral Triangle Day tahun ini mengangkat tema Sustaining Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy, dan kita semua diwajibkan menjaga kelestarian terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan.

Pada tahap berikutnya, PLN yang berkolaborasi dengan BKKPN Kupang akan melaksanakan penanaman lanjutan sejumlah 100 spider atau 600 bibit terumbu karang yang disertai dengan kegiatan pengawasan konservasi secara berkala dan tentunya pemeliharaan yang intensif untuk memastikan terumbu karang tumbuh dengan baik dan maksimal. (r2/rum)

  • Bagikan