Lusia Lebu Raya Hadirkan Ribuan Wisatawan ke NTT

  • Bagikan
SIAP GELAR EVENT. Ketua Kompass Flores Lusia Adinda Lebu Raya (kedua kanan) didampingi pengurus memberi keterangan terkait pelaksanaan Maumere Int' Choir Festival, Kamis (4/8) di kediamannya Oepoi, Kupang. (FOTO: IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Pariwisata Flores (Kompass) akan menghadirkan ribuan wisatawan dari berbagai negara. Melalui kegiatan festival paduan suara internasional yang digelar di Maumere (Maumere Int' Choir Festival) delegasi dari 28 negara itu akan mengutus perwakilan paling kurang 30 orang per negara.

Ditambah peserta dari dalam negeri dipastikan lebih dari seribu peserta akan hadir. "Kompass sudah melakukan komunikasi dengan peserta dari 28 negara dan dari dalam negeri untuk hadir dalam festival paduan suara di Maumere," jelas Ketua Kompass Flores Ny. Lusia Adinda Lebu Raya, Kamis (4/8) di Kupang. Direncanakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada Juli 2023.

Mantan Ketua Kwarda NTT itu menjelaskan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk menghadirkan peserta dalam jumlah banyak tersebut. Terutama dari luar negeri. Termasuk melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Kamis (4/8) Lusia dan tim bertemu dengan Gubernur-Wagub NTT di Kantor Gubernur NTT.

"Pak Gub dan Wagub sangat apresiasi dan siap mendukung pelaksanaan festival ini. Harapan kami dukungan pemerintah terutama armada bus pariwisata untuk mendukung peserta mengunjungi destinasi wisata di Maumere dan sekitarnya, termasuk Labuan Bajo sebagai destinasi super premium," kata Lusia.

Konsep yang ditawarkan dari festival ini, jelas Lusia, adalah berlomba sambil mengunjungi tempat wisata. "Jadi tidak semata lomba paduan suara beberapa nomor itu, tetapi lebih dari itu mau mengajak peserta untuk berwisata. Ini konsep yang kita tawarkan," katanya.

Karena itu, Kompass menggandeng pelaku wisata lokal untuk memanfaatkan kesempatan ini. Termasuk pelaku usaha kecil dan menengah. "Perusahaan jasa wisata dan pelaku UMKM kita gendeng untuk menyiapkan paket wisata dan produk UMKM yang menarik. Tentu kita akan selektif dalam memilih perusahaan dan UMKM yang akan diajak kerja sama," jelasnya.

Selain itu, warga lokal juga akan diajak untuk menjadikan rumahnya sebagai hunian para peserta. "Ini juga peluang karena turis lebih suka tinggal di rumah warga yang tentunya harus memenuhi standar," kata Lusia.

Wakil Ketua Pelaksana Kegiatan Maumere International Choir Festival 2023, Theresia Gita Morata Dua Nurak menambahkan, dampak ikutan pelaksanaan festival ini terutama mendukung perekonomian daerah. Karena itu dirinya mengajak semua pihak yang terkait untuk menyukseskan kegiatan itu. (ito)

  • Bagikan