Anak-anak Hingga Lansia Larut dalam Kemeriahan Perayaan HUT RI di Nefonaek

  • Bagikan
KARNAVAL. Warga Kelurahan Nefonaek ikut ambil bagian pada karnaval memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8). Kegiatan pawai ini melewati permukiman warga setempat. (FOTO: FENT ANIN/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Warga Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, mulai dari anak-anak hingga warga lanjut usia (Lansia) larut dalam kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI melalui aneka lomba.

Selain perlombaan, warga juga mengikuti pawai HUT Kemerdekaan RI tingkat Kelurahan Nefonaek pada Rabu (17/8) melintasi permukiman warga setempat.

Pawai ini diikuti 21 kelompok warga, mulai dari Taman Kanak-kanan (3 peserta), dan siswa SD (3 peserta), siswa SMPN 16 Kota Kupang, kelompok Pramuka berbagai sekolah, kelompok Kempo, TP PKK, Posyandu, Dasa Wisma, dan kelompok RT/RW se Kelurahan Nefonaek.

Pemuda Horeb, Karang Taruna, Mudika, dan Remaja Masjid, dan pegawai Puskesmas Pasir Panjang juga turut ambil bagian dalam pawai ini. Karnaval ini juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT. Kegiatan itu mengambil start di Lapangan Basket Kelurahan Nefonaek, mengitari wilayah kelurahan itu, dan finish di tempat start itu.

Para siswa yang mengikuti karnaval tingkat kelurahan ini menggunakan pakaian adat berbagai etnis di Indonesia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Nefonaek, Herlina Johanis, mengatakan, kelurahan itu memiliki 25 RT dari 7 RW, dan kegiatan perlombaan itu melibatkan anak-anak, remaja, orang dewasa maupun lansia.

Perlombaan khusus anak-anak, antara lain sepeda hias, lari bendera, masukkan pensil dalam botol, gigit sendok, makan kerupuk. Untuk remaja, yaitu lari karung, tarik tambang pria dan wanita. Lalu kategori dewasa, ada pertandingan futsal berdaster, dan untuk bapak-bapak melakukan joget balon dan juga rias wajah oleh pasangan suami istri. Dan jenis lomba lainnya. "Nantinya para lansia dari 7 RW ini juga mengikuti lomba pesan berantai untuk melatih daya ingat para lansia," jelas Herlina.

Ia menyebut lomba ini berlangsung dari tanggal 17 Agustus hingga dengan 20 Agustus 2022 dengan lomba utama yaitu panjat pinang yang dapat diikuti warga Kota Kupang dari kelurahan lainnya.

Lurah Nefonaek, Josephina N. Ungirwalu, mengapresiasi panitia yang terdiri dari ibu-ibu, yang baru terbentuk pada 31 Juli 2022 namun mampu merencanakan aneka kegiatan dan upaya penggalangan dana. Hasilnya, panitia sukses mengumpulkan dana Rp 5 juta lebih ditambah dukungan berbagai sponsor termasuk dari Bank NTT.

"Untuk panjat pinang panitia menyiapkan hadiah Rp 2 juta untuk tim panjat pinang dan ada voucher nginap di hotel," jelasnya.

Terdapat pula hadiah berupa voucher menginap di hotel untuk pasangan suami istri pada mata lomba rias wajah dan joget balon.

Hadiah untuk lomba ini berasal dari para sponsor, diantaranya ASTON Kupang Hotel, Hotel Kristal, Sotis Hotel Kupang, Sahid T-More, dan New Sasando International Hotel.

Anggota Dewan di Kelurahan Nefonaek juga turut mendukung acara ini, seperti Muhammad Ansor (DPRD NTT), Theodora Ewalde Taek (DPRD Kota Kupang), Mokrianus Lay (DPRD Kota Kupang), dan Zeyto Ratuarat (DPRD Kota Kupang).

Sebelum karnaval dan lomba juga diawali dengan pemberian bingkisan kasih kepada orang-orang tua atau manula di rumah masing-masing. "Tanpa sepengetahuan mereka panitia dan pihak kelurahan turun bahkan mereka terima dengan terharu sambil menangis," sebutnya.

Ia menyebut ada tujuh keluarga dari tujuh RW yang dipilih panitia tanpa disengaja dan terwakilkan dari beberapa agama yang ada. "Kita tidak mau kemeriahan ini berlangsung hanya untuk kita yang sehat saja tetapi mereka yang ada di rumah juga dapat turut merasakan," tambah dia.

Saat karnaval dilakukan pun melewati rumah-rumah warga tersebut untuk sama-sama merayakan kemerdekaan RI. "Selama dua tahun pandemi Covid-19 ditambah adanya badai Seroja, maka momentum ini kembali mempererat tali persaudaraan antarwarga kelurahan," kata Josephina.

Selain karnaval dan lomba ini juga telah dilakukan pula kegiatan vaksinasi semua usia bekerja sama dengan Polresta Kupang Kota pada 18 Agustus 2022.

Camat Kota Lama, Yanto Jalil, turut mengapresiasi Josephina yang baru setahun menjabat Lurah Nefonaek dan telah menggelar berbagai kegiatan kreatif termasuk 17 lomba memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. "Semoga lomba-lomba yang ada ini dapat mempererat persaudaraan antar warga," pungkasnya. (r2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan