HIPMI NTT Gelar Agenda Akbar, Hadir 22 Pengurus Cabang dan Pusat

  • Bagikan
BERI KETERANGAN. Ketua BPD HIPMI NTT, Ikhsan Darwis (kedua kiri) memberikan keterangan pers di Sekretariat HIPMI NTT, Senin (19/9). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar agenda wajib, yakni rapat kerja daerah (Rakerda), pendidikan dan latihan daerah (Diklatda), dan forum bisnis daerah (Forbisda).

Agenda besar yang akan dihelat pada 21 - 22 September 2022 di Aston Kupang Hotel ini bakal dihadiri 22 pengurus cabang HIPMI se-NTT.

Tiga calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (Caketum BPP) HIPMI juga akan hadir memberikan materi, begitu pun senior atau mantan ketua serta pengurus HIPMI lainnya.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI NTT, Ikhsan Darwis menjelaskan, kegiatan ini digelar dengan tujuan menyelaraskan program BPD NTT ke pengurus HIPMI cabang dari seluruh kabupaten/kota.

"Pengurus Cabang HIPMI di 22 kabupaten dan kota akan mendapatkan pendidikan dan kapasitasi juga dari pengurus pusat. Ini bisa menjadi ruang untuk membuka jaringan usaha," kata Ikhsan saat jumpa pers di Sekretariat HIPMI NTT, Senin (19/9).

Sekretaris Umum BPD HIPMI NTT, Wilson Liyanto menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi pengurus sebagai pengusaha yang berdaya saing unggul. Narasumber kompatibel juga akan dihadirkan untuk membagi pengetahuan dan informasi terkait kebutuhan hingga peluang bisnis bagi pengusaha muda NTT ke depan.

Rakerda atau pertemuan semua pengurus cabang dan daerah ini bertujuan merumuskan dan merencanakan strategi program kerja ke depan dari setiap bidang.

Sedangkan untuk kegiatan Forbisda, terdapat empat mata kegiatan, yakni business competition, pameran atau Expo UMKM berbagai produk, business matching sebagai sinergi pengurus daerah hingga pusat, juga seminar kewirausahaan.

Sebanyak 22 orang telah terdaftar dalam business competition berhadiah Rp 5 juta ini. Sementara business matching akan dihadiri pengurus BPD Jawa Timur, yakni Ketua Bidang IV guna membahas kolaborasi pengiriman barang, baik dari NTT ke luar negeri yaitu Timor Leste atau Australia.

Terdapat juga MoU permodalan bagi pengusaha dengan Bank Mandiri. BUMN dan BUMD juga mendukung kegiatan tersebut. Nanti ada juga peresmian Sekretariat BPD HIPMI NTT pada 21 September 2022 oleh Pengurus HIPMI Pusat.

Mahasiswa dari perguruan tinggi juga diundang ke seminar bisnis yang akan digelar nanti sebagai dorongan untuk memulai berbisnis atau menjadi pengusaha.

Sementara Calon Ketua Umum HIPMI Pusat yang direncanakan hadir di Kupang yaitu Anggawira selaku Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, dan Bagas Adhadirgha sebagai Sekretaris Jenderal BPP HIPMI. "Ketiganya akan membagi pengetahuan dan kisah sukses masing-masing," tandasnya. (r2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan