Tingkatkan Disiplin dan Kinerja ASN, Rudenim Kupang Gelar Rapat di Tempat Wisata

  • Bagikan
SAMBUTAN. Kepala Rudenim Kupang, Heksa Asik Soepriadi memberikan sambutan dalam kegiatan rapat luar kantor berpusat di Taman Wisata Boneana Kabupaten Kupang, Jumat (18/11). (IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KUPANG, TIMEXUPANG.FAJAR.CO.ID-Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang dibawa kepimpinan Heksa Asik Soepriadi, membuat konsep baru untuk meningkatkan kinerja. Menggelar rapat bersama seluruh ASN Rudenim Kupang di luar kantor menjadi pilihan. Suasana baru tersebut diyakini bisa meningkatkan kinerja ASN.

Kepala Rudenim Kupang, Heksa Asik Soepriadi, kepada Timor Express, Jumat (18/11) menjelaskan bahwa rapat luar kantor bertujuan untuk penguatan tugas dan fungsi pengelolaan aplikasi Sisumaker, penyusunan analisis beban kerja, pembinaan disiplin pegawai serta monitoring dan evaluasi mutasi internal pegawai Rudenim Kupang. Pilihannya di Taman Wisata Boneana di Kupang Barat.

"Taman wisata Boneana dipilih karena tempatnya representatif dan bisa mendukung kegiatan kita. Suasana tempat wisata favorit ini bisa memberi suasana baru dan diharapkan bisa meningkatkan kinerja ASN," kata Heksa.

Selain itu, Rudenim Kupang punya komitmen besar untuk membantu mendorong peningkatan pariwisata di NTT.

Rapat tersebut terkait dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja serta meningkatkan disiplin pegawai sekaligus monitoring evaluasi terkait dengan kinerja pegawai. "Supaya ke depan kita mempunyai pegawai atau ASN yang disiplin dan berkinerja yang baik," ujarnya.

Heksa mengatakan, kegiatan seperti ini diadakan setiap tahun agar para pegawai mempunyai semangat kerja yang tinggi dan di awal tahun mempunyai semangat serta daya pikir fresh sehingga bisa bekerja lebih baik karena kita sudah bersama-sama berekreasi dan refreshing .

"Kegiatan ini diisi dengan kegiatan dalam rangka peningkatan kedisiplinan dan kinerja yang baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kasubid Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT, Esau Mesias Louk Fanggi, mengatakan bahwa rapat luar kantor yang diselenggarakan Rudenim Kupang ini merupakan suasana baru yang kreatif. Dirinya yakin kegiatan ini dapat mensupport para ASN Rudenim Kupang untuk lebih berkinerja.

Dirinya mengatakan, ada bagian-bagian yang kinerjanya belum terpenuhi secara mandiri dapat meningkatkatkan kinerjanya. Seperti Aplikasi Sisumaker merupakan barang baru tapi ada pendampingan dari Divisi Imigrasi mengenai pola kerja dengan perintah kerja melalui Sisumaker.

ASN Rudenim Kupang diwajibkan setiap hari untuk membuka aplikasi Sisumaker karena di dalamnya ada perintah kerja sehingga pekerjaan itu bisa segera dilaksanakan sampai tuntas.

Sementara mengenai Monev atau monitoring dan evaluasi secara internal terkait kinerja mencakup penyerapan anggaran.

Kegiatan rapat ini merupakan bagian dari program kerja yang belum terlaksana. Karena itu, melalui kegiatan ini ada juga diberikan materi untuk penguatan kinerja para ASN di Rudenim Kupang.

"Hasil dari kegiatan ini para ASN lebih disiplin dan tingkatkan kinerja. Kemudian memahami aplikasi Sisumaker dan mengerti prosesnya. Secara internal kegiatan ini mengacu pada harmonisasi dan sinergitas untuk melaksanakan visi dan misi baik bidang teknis maupun bidang fasilitatif," pungkasnya. (r1/ito)

  • Bagikan