Presiden Horta Ingatkan Free Trade Zone Demi Majukan Perekonomian di Pulau Timor

  • Bagikan
Pengurus Kadin NTT, Marthin Hutajulu (kiri) foto bersama Presiden CCI Timor Leste, Jorge Manuel de Arraujo Serrano di Dili, Jumat (6/1). (FOTO: ISTIMEWA)

Pengurus Kadin Indonesia dan NTT Hadiri Pelantikan Pengurus CCI Timor Leste

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadiri undangan pelantikan Pengurus Kadin Timor Leste atau Camara De Coercio E Industria De Timor-Leste (CCI-TL) di Dili, Ibu Kota Negara Timor Leste, Jumat (6/1). Pengurus Kadin Indonesia diwakili oleh Safri Rauf, sementara pengurus Kadin NTT diwakili oleh Marthin Hutajulu.

Dalam keterangan tertulis Kadin NTT yang diterima TIMEX, Minggu (8/1), disebutkan bahwa acara pelantikan pengurus baru CCI TL itu berlangsung di Gedung Salao Oka, Hudilaran, Dili Timor Leste pada pukul 18. waktu Timor Leste.

Acara tersebut dihadiri langsung Presiden Timor Leste, Dr. Jose Ramos Horta, pejabat tinggi Timor Leste lainnya, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik dan sejumlah Duta Besar negara sahabat dan juga pengurus Kadin Indonesia dan NTT.

Presiden CCI TL periode 2022-2026 yang dilantik Jumat (6/1) adalah Jorge Manuel de Arraujo Serrano. Dalam sambutannya Jorge Manuel berharap CCI TL dapat berkontribusi lebih dan berkolaborasi sebagai mitra strategis Pemerintah Timor Leste untuk semakin memajukan perekonomian negara itu.

Sementara Presiden Timor Leste, Dr. Jose Ramos Horta, yang baru tiba dari kunjungannya di Brazil dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Indonesia, Jepang, dan China yang hadir dalam seremoni itu.

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta bersama rohaniawan dan tamu undangan foto bersama pengurus CCI TL usai seremoni pelantikan di Dili, Jumat (6/1). (FOTO: ISTIMEWA)

Presiden Ramos Horta berpesan untuk terus menjalin persahabatan terutama di bidang ekonomi dengan negara-negara sahabat, terutama Indonesia, Jepang, dan China yang Dubesnya hadir langsung dalam pelantikan pengurus CCI TL itu.

Terutama bersama Indonesia, dimana ada sebuah agenda besar, yakni mewujudkan zona bebas perdagangan atau Free Trade Zone yang akan sangat menguntungkan kedua negara, terutama perekonomian Pulau Timor.

Menurut Presiden Ramos Horta, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan tetangga terdekat dengan Timor Leste. "Dengan adanya kolaborasi ekonomi, maka Timor Leste dan Indonesia akan mampu bersama-sama melewati masa resesi dunia yang diperkirakan akan terjadi di 2023 ini," demikian keterangan resmi Kadin NTT mengutip sambutan resmi Presiden Ramos Horta dalam momen pelantikan itu.

Presiden CCI TL, Jorge Manuel De Arraujo Serrano juga berterimakasih atas kehadiran Kadin Indonesia dan Provinsi NTT, bahkan menyambut baik rencana Kadin Indonesia dan Kadin NTT yang akan berkunjung segera ke Timor Leste dan membahas ASEAN BAC (ASEAN Busnisess Advisory Council) sebagai kesempatan Timor Leste untuk bergabung di perkumpulan ekonomi ASEAN. Ini tentunya akan sangat berdampak baik bagi perekonomian ASEAN dan Timor Leste khususnya dengan Indonesia.

Terpisah, Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto yang pada saat acara tersebut menyampaikan pesan Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid melalui utusannya, bahwa Kadin akan menjadwalkan perjalanan bilateral ke Dili, Timor Leste dan mengajak CCI TL untuk bergabung dalam ASEAN BAC yang saat ini di ketuai langsung Arsjad Rasjid. (aln)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan