Seleksi Caleg DPRD NTT, PKB Libatkan Akademisi, Tokoh Agama dan Jurnalis

  • Bagikan
KONPRES. Donatus Djo, Sekertaris DPW PKB NTT didampingi Fendi Gah, Ketua LPP DPW PKB NTT (kiri), Kaharudin Sekertaris LPP DPW PKB NTT (kanan) saat konferensi pers di Sekretariat DPW PKB NTT, Kamis (9/2). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi (NTT) melalui Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) akan menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) serta Pembekalan bagi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tingkat Provinsi NTT.

Kegiatan UKK direncanakan akan berlangsung di Hotel GreeNia Kota Kupang dengan menghadirkan sebanyak 92 Bacaleg dengan Quota 38% Perempuan itu akan digelar selama dua hari, terhitung tanggal 11-12 Februari 2023.

Menariknya, UKK Bacaleg PKB tingkat Provinsi kali ini, LPP DPW PKB NTT melibatkan penguji tidak hanya dari internal namun juga dari eksternal dan diawasi secara ketat dari DPP PKB, Dr. Hj. Nihayatul Wafiroh, M.A (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI) dan Ali Taufiq (Isntruktur DPP PKB).

Penguji eksternal diambil dan tokoh akademisi dan agamawan yakni RD. Dr. Florens Maxi Un Bria, S.Ag., M.Sos dan Maria Rita Hasugian Jurnalis Psikolog dan pemerhati sosial. Sedangkan, penguji intemal langsung dari DPP PKB.

"Pembekalan ini adalah bagian dan tahapan rekrutmen Partai PKB secara internal dengan tujuan mempersiapkan dan membekali semua Bacaleg PKB secara baik, agar mampu berkomptensi secara sehat, memahami tahapan penyelenggaraan pemilu dengan mempedomani regulasi yang berlaku," ungkap Sekertaris DPW PKB NTT, Donatus Djo saat konferensi pers di Sekretariat DPW PKB NTT, Kamis (9/2).

Menurutnya, Bacaleg tidak hanya mengisi kesempatan yang ada tetapi mampu memahami sungguh tugas dan kewajibannya, memahami konstitusi partai dan hal-hal mendasar lainnya serta mambangun langgam (cara) kerja politik yang terukur dan sistimatis sehings dapat memberikan hasil yang maksimal pada perhelatan politik elektoral 2024 yang akan datang, baik pada level daerah maupun nasional.

DPW PKB NTT juga berharap bahwa semoga pada setiap langkah perjuangan para kader PKB di NTT, baik di legislatif maupun eksekutif selalu mendapatkan keberkahan.

"Bacaleg harus ketahui tugas dan tupoksinya karena ia dipercaya masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak politiknya sehingga harus memilik visi dan misi yang sama," katanya.

Fendi Gah, LPP DPW PKB NTTenambahkan secara teknis bahwa tahapan pendaftaran Bacaleg dilakukan terbuka dan transparan secara online.

Dikatakan, waktu pendaftaran tersebut ternyata mendapat respon positif dari masyarakat dan telah mendaftar sebanyak 93 Bacaleg yang tersebar di delapan dapil.

Lanjutnya, usai UKK dan Pembekalan, tahapan selanjutnya nanti adalah uji publik dan uji kerja sebelum nantinya di tetapkan komposisi caleg internal partai.

Keterlibatan pihak eksternal dalam kegiatan UKK dimaksudkan agar dapat memberikan masukan, gagasan secara konseptual dan konstruktif sehingga dapat menghasilkan komposisi caleg yang memiliki Integritas, kapasitas, loyalitas dan komitmen.

"Dengan demikian diharapkan para caleg yang terpilih nanti sungguh-sungguh berjuang bersama PKB mengemban amanah yang dipercayakan oleh rakyat," imbuhnya.

Untuk pembekalan ini juga adalah bagian dari bentuk dukungan yang nyata serta konsolidasi penguatan internal untuk Ketua Umum AKB Bapak H. Abdul Muhaimin takandar menuju Pilpres 2024 dengan semangat bersama PKB Bangkit, Solid, Merlang. (r3)

  • Bagikan