Revitalisasi dan Normalisasi Pos Imigrasi di NTT, Pos Imigrasi Sumba Tengah Segera Diaktifkan

  • Bagikan
DISKUSI. Suasana diskusi antara Kalapas Terbuka Sumba Tengah dan Tim dari Kanwil Kemenkumham NTT untuk revitalisasi Pos Imigrasi Sumba Tengah di Waibakul, Senin (20/3). (FOTO: HUMAS KANIM KUPANG UNTUK TIMEX)

WAIBAKUL, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT berkolaborasi dengan tim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang melakukan koordinasi dengan Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Waikabubak terkait persiapan revitalisasi dan normalisasi Pos Imigrasi Sumba Tengah.

Tiba di Lapas Terbuka Waikabubak, rombongan yang dipimpin oleh Kabid Inteldakim, Christian Penna diterima dengah ramah oleh Kalapas Terbuka Waikabubak beserta jajarannya. Christian menyampaikan maksud rombongan menyambangi Lapas Terbuka Waikabubak.

"Kedatangan tim Keimigrasian di wilayah Sumba adalah dalam rangka pelaksanaan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di wilayah Sumba dan sekitarnya. Selain itu, program Keimigrasian yang menjadi atensi khusus kepala Divisi Keimigrasian, Ibnu Ismoyo adalah program revitalisasi dan normalisasi Pos Imigrasi yang ada di wilayah NTT termasuk Pos Imigrasi Sumba Tengah," ungkap Christian.

SEGERA DIBERSIHKAN. Gedung Pos Imigrasi Sumba Tengah yang segera dibersihkan untuk digunakan kembali.

Terkait dengan usaha realisasi program yang dimaksud, dalam pertemuan tersebut, Christian menyampaikan permohonan bantuan kepada Lapas Terbuka Waikabubak terkait persiapan berupa pembersihan halaman dan bagian dalam gedung yang pelaksanaannya dilakukan melalui dengan skema kerja sama pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Terbuka Waikabubak.

Menanggapi hal tersebut, Kalapas Terbuka Waikabubak, Muhammad Yani, Amd.IP.,S.H. menyambut baik dan menyampaikan bahwa pada prinsipnya Lapas Terbuka Waikabubak siap membantu dan mendukung program normalisasi Pos Imigrasi Sumba Tengah.

"Pelaksanaan pembersihan gedung Pos Imigrasi maupun halaman akan disesuaikan dengan tenaga WBP yang ada karena saat ini Lapas Terbuka Waikabubak juga sedang melaksanakan program pengembangan ikan nila bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Sumba Barat. Yang pasti bahwa Lapas Terbuka Waikabubak siap mendukung program dari Imigrasi dengan senang hati," demikian ungkap Yani.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana Dominika Jone yang dihubungi via telepon menyampaikan bahwa tujuan utama program revitalisasi dan normalisasi Pos Imigrasi adalah untuk mendekatkan pelayanan Keimigrasian kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat di wilayah Sumba.

"Pada prinsipnya reaktivasi dan normalisasi Pos Imigrasi di wilayah NTT menjadi atensi khusus, karena ini untuk kepentingan masyarakat secara umum khususnya dalam rangka mendekatkan pelayanan Keimigrasian dan melaksanakan pemantauan serta pengawasan keberadaan dan kegiatan Orang Asing di NTT khususnya di wilayah Sumba dan sekitarnya," demikian pesan Merci saat dihubungi.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana yang santai diakhiri dengan foto bersama. (*/dmb/ayd/ito)

  • Bagikan