Kunjungi Bawaslu Lembata, Kapolres Vivick Tjangkung Jamin Keamanan Proses Pemilu

  • Bagikan
DIALOG. Kapolres Lembata, AKBP Vivick Tjangkung (kedua kiri) serius berdialog dengan Ketua Bawaslu Lembata Paulina Y. B. Tokan dan dua anggota Bawaslu, Lambertus Bala Kolin serta Thomas Febry Bayo Ala di Kantor Bawaslu Lembata, Rabu (19/4). (FOTO: (FOTO: Humas Bawaslu Lembata/Indah Purnama Dewi)

LEWOLEBA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lembata mendapat kunjungan Kepala Kepolisian Resor Lembata, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Josephien Vivick Tjangkung, di Kantor Bawaslu Lembata, Rabu (19/4).

Selain bersilaturahmi, AKBP Vivick Tjangkung mengunjungi Bawaslu Lembata guna memastikan kesiapan penyelenggara Pemilu dalam menyukseskan perhelatan politik lima tahunan itu di kabupaten itu.

Ketua Bawaslu Lembata Paulina Y. B. Tokan dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kunjungan AKBP Vivick.

Paulina juga menyampaikan terkait tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu, khususnya terhadap tahapan Pemilu yang sedang berlangsung saat ini.

Menurut Paulina, Bawaslu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lembata, Panwascam, dan Pengawas Kelurahan/Desa dalam bekerja tetap mengacu pada regulasi dan undang-undang Pemilu.

"Kita tetap memberikan kerja-kerja terbaik dalam mengawal seluruh proses tahapan dengan menjunjung tinggi integritas," kata Paulina sebagaimana keterangan tertulis Humas Bawaslu Lembata, Rabu (19/4).

Anggota Bawaslu Lembata, Lambertus Bala Kolin menambahkan, kunjungan Kapolres Lembata memberikan semangat baru untuk Bawaslu dalam mengawal seluruh proses Pemilu.

“Kehadiran Ibu hari ini memberi semangat baru dalam menguarai benang kusut permasalahan Pemilu di Lembata,” kata Lambert.

Lambert menyampaikan bahwa Bawaslu dan Kepolisian juga Kejaksaan telah tergabung dalam Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), dan saat ini telah menjalankan piket setiap hari.

Lambert berharap dengan adanya tim Gakkumdu, dapat menangani indikasi laporan tindak pidana Pemilu dengan efektif cepat dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Menanggapi penyampaian tersebut, Kapolres Vivick Tjangkung menyatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Tim Sentra Gakkumdu dalam mengawal seluruh proses tahapan Pemilu.

“Kepolisian tidak bisa berjalan sendiri. Oleh karena itu, mari berjalan bersama penyelenggara Pemilu karena dengan begitu kita akan kuat mengawal demokrasi di Lembata,“ ajak Vivick.

Vivick Tjangkung mengatakan, Polisi Lembata Berparas Humanis artinya selalu terbuka dan menyampaikan segala hal secara humanis.

Selain itu, lanjut Vivick, bekerjalah dengan hati dan tumbuhkan kesadaran masyarakat terlebih dahulu barulah penindakan. Bagi Vivick, melakukan sebuah penindakan hukum adalah sebuah kebanggan dan melakukan pencegahan itu adalah kemuliaan.

“Lebih baik kita melakukan pencegahan terlebih dahulu maka rasa bangga akan dimiliki,” tandas Vivick.

Anggota Bawaslu Lembata lainnya, Thomas Febry Bayo Ala dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan akan ada potensi pelanggaran pasca penetapan daftar pemilih sementara sehingga melalui kerja sama ini, Bawaslu dan Kepolisian bisa melakukan pencegahan dan terus mengawasi seluruh tahapan. (*/aln)

  • Bagikan