ASN Sumba Timur Kenakan Busana Adat Saat Peringati Hardiknas 2023

  • Bagikan
CINTA BUDAYA. Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dengan busana adat lengkap memberi penghormatan saat upacara bendara peringatan Hardiknas 2023 di halaman kantor bupati setempat, Selasa (2/5). (FOTO: ISTIMEWA)

WAINGAPU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2023 digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur dengan upacara bendera yang berlangsung di Halaman kantor bupati setempat, Selasa (2/5).

Upacara itu berlangsung dalam nuansa kearifan lokal. Seluruh peserta upacara, baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sumba Timur, utusan dari sejumlah sekolah, dan undangan lainnya kompak mengenakan busana adat Sumba Timur.

Perempuan mengenakan sarung Sumba, demikian pula yang laki-laki mengenakan busana adat Sumba lengkap. Bahkan ada pria Sumba yang juga menyelipkan parang di pinggang.
Mengenakan pakian adat dalam upacara Hardiknas tersebut dilakukan pemerintah daerah sebagai bentuk memperkenalkan budaya Sumba Timur pada generasi muda lewat pendidikan.

Selain itu juga merupakan salah santu bentuk wujud melestarikan dan mempromosikan keaneka ragaman budaya di Kabupaten Sumba Timur. Upacara Hardiknas ini juga dirangkai dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si.

Usai Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hardiknas 2023, Bupati Sumba Timur didampingi Dandim 1601/Sumba Timur menyerahkan secara simbolis Kunci Rumah Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), melalui program bantuan Pangdam IX/Udayana.

Pada upacara kali ini juga diikuti sebanyak 1.102 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Pendidik/Guru, di mana untuk pertama kalinya dalam sejarah berdirinya Kabupaten Sumba Timur, perjuangan pemerintah dimasa kepemimpinan Bupati Khristofel Praing dan Wakil Bupati David Melo Wadu, ST sukses memperjuangkan pengangkatan 1.102 honorer menjadi PPPK Guru.

Tampak para PPPK Guru begitu antusias mengikuti upacara dan sebagai wujud syukur mereka mengabadikan gambar bersama Bupati Sumba Timur. Mereka mengaku sangat bersyukur dan memberi apresiasi kepada Bupati Sumba Timur berkat segala upayanya sukses memperjuangkan nasib para honorer menjadi PPPK.

Bupati Khris Praing dalam kesempatan itu menyampaikan selamat Memperingati Hari Otonomi Daerah dan Hardiknas 2023 kepada seluruh masyarakat Sumba Timur.

Hadir pada kegiatan ini, unsur Forkopimda, Sekda Sumba Timur, para Assisten Setda, DanPOS AL, DanPOS AU, Danki 4 Batalyon C Pelopor, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumba Timur bersama anggota, Ketua DWP Kabupaten Sumba Timur bersama anggota, Ketua Persit Kodim 1601/Sumba Timur, dan Ketua Bhayangkari Polres Sumba Timur. Hadir juga para pimpinan perangkat daerah Kabupaten Sumba Timur, pimpinan BUMN/ BUMD, para Guru (PNS & PPPK) serta para siswa/i utusan dari berbagai sekolah yang ada di wilayah itu. (yl)

PPPK GURU. Sebanyak 1.102 PPPK Guru mengikuti upacara Hardiknas di Kantor Bupati Sumba Timur, Selasa (2/5). Usai upacara mereka melakukan foto bersama Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing. (FOTO: ISTIMEWA)

  • Bagikan