Imigrasi Kupang Musnahkan 34.648 Berkas Arsip

  • Bagikan
PEMUSNAHAN ARSIP. Suasana Pemusnahan Arsip Fisik Subtantif Keimigrasian secara simbolik berlangsung di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Selasa (6/6/2023). (FOTO: KANIM KUPANG)

KUPANG, TIMEXKUPANG.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur yang dipimpin Marciana Dominika Jone melaksanakan pemusnahan arsip fisik subtantif keimigrasian periode tahun 2015 hingga 2018 sebanyak 34.648 berkas. Adapun berkas yang dimusnahkan adalah arsip Dokumen Perjalanan Republik Indonesia yang terdiri dari Perdim 11 dan fotocopy berkas kelengkapan DPRI (Dokumen Perjalanan Republik Indonesia) atau yang dikenal sebagai dokumen kelengkapan permohonan paspor, baik permohonan paspor baru dan penggantian paspor.

Kepala Biro Umum Sekertariat Jendral Hukum dan Hak Asasi Manusia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kantor Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang yang telah melaksanakan kegiatan pemusnahan arsip fisik subtantif keimigrasian dan mengharapkan kegiatan pemusnahan arsip dilaksanakan secara konsisten dan berkala. "Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mendapat peringkat 3 secara nasional dalam hal pemusnahan arsip setelah KPU dan Kementerian Keuangan. Hal ini merupakan prestasi yang harus dijaga dan ditingkatkan," ujar Kepala Biro Umum Sekertariat Jendral Kementerian Hukum dan HAM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dedi Syahputra, Arsiparis Ahli Muda Biro Umum Kementerian Hukum dan HAM.

Penandatangan Berita Acara dilaksanakan oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kupang, Fitra Izharry, Kasubbid Teknologi dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Esau Fanggi, Kasubbid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDHI Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Bernadete Benediktus, perwakilan Biro Umum Sekertariat Jendral Kementerian Hukum dan HAM, Dedi Syahputra dan Arsiparis Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Diana Ndolu.

Pemusnahan Arsip Fisik Subtantif Keimigrasian secara simbolik berlangsung di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, disaksikan oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, para saksi dari Arsiparis Biro Umum Sekjen Kemenkumham, Arsiparis Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, serta pejabat struktural, JFT, dan JFU Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang. (*/ayd/ito)

  • Bagikan