Peduli Lingkungan, Anggota Polisi Serbu Sampah di LLBK

  • Bagikan
Peduli Lingkungan, Anggota Polisi Serbuh Sampah di LLBK
SAMPAH. Tampak personil polri Polda NTT melakukan pembersihan sampah di pesisir pantai dan kawasan LLBK, Kamis (13/7). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, anggota kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerbu sampah di pesisir pantai dan kawasan wisata LLBK, Kota Kupang, Kamis (13/7).

Kegiatan bersih-bersih sampah ini dipimpin langsung oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto di dampinggi Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy dan Lurah LLBK serta masyarakat sekitar.

Kegiatan pembersihan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Polda NTT, termasuk Polres dan Polsek yang telah menentukan area pembersihan masing-masing.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto usai kegiatan menuturkan bahwa aksi bersih-bersih sampah ini diinisiasi sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan dan pembersihan sampah.

Polri Polda NTT sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Pembersihan serentak ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk warga setempat, remaja/millennials, influencer, mitra Polri, dan stakeholder terkait.

Program peduli lingkungan, dengan tema membersihkan sampah secara serentak tergabung dari TNI-Polri dan juga warga masyarakat. Warga masyarakat itu tidak terbatas ada dari generasi Z, influence, warga masyarakat biasa bahkan termasuk warga masyarakat di sekitar LLBK.

“Dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Polda NTT memahami bahwa kolaborasi dan partisipasi semua pihak sangatlah penting,” ujarnya.

Dikatakan para personil Polri bekerja sama membersihkan area lapangan, area pantai, trotoar, dan jalur pejalan kaki dari berbagai jenis sampah seperti plastik, kertas, dan sampah organik.

Selain bersih sampah, personel Polda NTT juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memilah sampah dan cara pengelolaan sampah yang baik.

“Diharapkan agar masyarakat sekitar juga turut berperan aktif dalam membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan harapan dapat mendorong masyarakat lainnya untuk partisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan di lokasi wisata ini,” pintanya.

Dikatakannya bahwa semua ini terkait masalah kepedulian lingkungan maka pihaknya telah melakukan pemantauan untuk dilakukan pembersihan pada kesempatan berikutnya.

"Kita lihat tadi terkhusus pembersihan sampah-sampah yang memang belum sempat tersentuh untuk dibersihkan sehingga polri mendata, melihat dan melakukan pembersihan-pembersihan tersebut," kata Jenderal Bintang Satu ini.

Polda NTT berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan yang fokus pada kebersihan lingkungan serta melibatkan berbagai pihak dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi masyarakat.

"Ini mungkin kaitannya dengan program-program kedepan untuk bersinergi dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat social," tandasnya.

Lurah LLBK Aping Mauta pada kesempatan tersebut mengaku bersukur dan mengapresiasi perhatian dari Polri terhadap masalah kesehatan lingkungan dengan melakukan aksi nyata.

 “Kami selaku pemerintah setempat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan di lokasi ini,” ungkapnya. (r3)

SAMPAH. Tampak personil polri Polda NTT melakukan pembersihan sampah di pesisir pantai dan kawasan LLBK, Kamis (13/7). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

  • Bagikan