Cegah Rabies di TTS, FKKH Undana Kirim 46 Mahasiswa

  • Bagikan
Cegah Rabies di TTS, FKKH Undana Kirim 46 Mahasiswa
POSE BERSAMA. Puluhan mahasiswa kedokteran hewan pose bersama sebelum diterjunkan ke kabupaten TTS, Sabtu (15/7). (FOTO: RESTI SELI/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang  mengirimkan sebanyak 46 mahasiswa ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) untuk membantu penanganan wabah rabies yang tengah melanda wilayah tersebut. Para mahasiswa di kirim melalui program Kuliah kerja Nyata (KKN) Tematik, Sabtu (15/7).

Dekan FKKH Undana, Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Gizi mengatakan, FKKH Undana telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) TTS untuk pengendalian dan pencegahan rabies di TTS.

"Salah satu langkahnya mengirimkan mahasiswa KKN Tematik. Untuk sementara Kedokteran Hewan saja. Kedokteran Umum kemungkinan bulan depan baru bisa dikirimkan," ungkapnya ketika ditemui di Hotel Aston Kupang, Kamis (20/7).

Ia menjelaskan, mahasiswa KKN akan disebar ke tujuh kecamatan di TTS. Di setiap kecamatan, mahasiswa didampingi oleh dosen pendamping untuk melaksanakan identifikasi dan pendataan anjing yang ada untuk keperluan penyaluran vaksin bagi hewan penular rabies (HPR).

"Mereka juga akan sosialisasi ke masyarakat. Hasil pengabdian dosen, banyak masyarakat yang belum tahu tentang rabies. Sehingga sosialisasi itu agar masyarakat mengerti dan memahami rabies dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, koordinasi Undana dengan Dinas Peternakan TTS serta Satgas telah berjalan baik. Hal itu dibuktikan dengan bantuan dari Undana kepada TTS.

"Rektor Undana menyerahkan bantuan berupa tempat menyimpang vaksin, kemudian APD dan juga bantuan vaksin HPR 400 dosis," sebutnya.

KKN Tematik tersebut akan berlangsung selama satu bulan tersebut diharapkan dapat membantu pencegahan dan pengendalian rabies di TTS. Sebab, kasus rabies di TTS sendiri terus meningkat. (cr1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan