El Nino Melanda, Polresta Kupang Kota  Bantu 186 Ribu Liter Air Bersih

  • Bagikan
AIR BERSIH. Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto didampingi Kapolsek Kelapa Lima AKP Jemmy Noke dan anggota tengah menyalurkan bantuan air bersih kepada warga RT:08/RW:03, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima,Kota Kupang, Rabu (4/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dampak El Nino kian terasa di sejumlah daerah di NTT. Kota Kupang merupakan salah satu wilayah yang tak luput dari ancaman kekeringan ini. 

Debit air mulai menurun dan masyarakat mulai krisis air bersih. Melihat fenomena yang terjadi, Polresta Kupang Kota di bawah kepemimpinan Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto langsung sigap dengan mengerahkan sebanyak 31 unit mobil tangki guna menyalurkan bantuan air bersih.

Bakti sosial kali ini sekaligus memperingati hari ulang tahun (HUT) Humas Polri Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober setiap tahunnya.

Pantauan Timor Express, puluhan kendaraan tersebut sudah terparkir rapi di halaman depan Makopolresta Kupang Kota, Rabu (4/10).

Mobil tangki tersebut lalu dibagi ke setiap Polsek yang ada dan disalurkan kepada masyarakat yang kesulitan air bersih di lima kecamatan di Kota Kupang. Distribusi bantuan ini ditandai dengan pelepasan secara resmi oleh Kapolresta.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap warga yang sedang krisis air bersih. Kita bantu meringankan beban saudara-saudara kita," ujar mantan Kabid Humas Polda NTT itu.

Dikatakan terdapat 31 unit mobil tangki dikerahkan untuk membantu menyalurkan bantuan air bersih. "Terdapat 25 titik pembagian air yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Kupang. Kita sudah mengidentifikasi sebelumnya dan sudah dilakukan pembagian oleh Kapolsek masing-masing," sebutnya.

BANTUAN AIR BERSIH. Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto didampingi jajaran melepas bantuan air bersih kepada warga Kota Kupang yang terdampak El Nino di Mapolresta Kupang Kota, Rabu (4/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Dato Makarim, Sekretaris RT 08/RW 03 Kelurahan Oesapa Barat, menyebut bahwa wilayah ini ada dapat bantuan  sumur bor. Saat ini kendalanya dinamo rusak sehingga warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

Pihaknya sangat berterima kasih kepada Polresta Kupang Kota atas bantuan air bersih untuk masyarakat. "Kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan air bersih ini," ujarnya.

Masyarakat yang alami kesulitan air bersih tersebar di dua RT yaitu RT 8 dan RT 9. Jumlah keseluruhan warga yang alami kesulitan air bersih sekitar 600-700 orang. "Kami hanya andalkan beli air pada jasa mobil tangki air," bebernya.

Hal senada disampaikan oleh Muhammad Darman, warga RT 8/RW 3, Kelurahan Oesapa Barat, menyampaikan terima kasih kepada Kapolresta Kupang Kota beserta jajarannya yang sudah peduli dengan warga untuk bantuan air bersih.

"Bantuan air bersih ini sangat membantu sekali warga karena kami kesulitan air bersih di musim kemarau," jelasnya.

Terpantau, Kapolresta, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto didampingi Kapolsek Kelapa Lima, AKP Jemmy Noke di RT 08/RW 03, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu 

  • Bagikan