Tiga Kapal PSDKP Meriah Puncak HMN di Kupang

  • Bagikan
PERADE. Tampak tiga kapal milik PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan tengah mengikuti perade dalam rangka HMN ke-59 di Perairan Teluk Kupang, Kamis (12/10). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dalam rangka memeriahkan Hari Maritim Nasional (HMN) yang berlangsung di Mako Lantamal VII Kupang pada 12 Oktober 2023, di gelar parade kapal nelayan. Tampak tiga kapal milik Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) terlibat memeriahkan kegiatan tersebut.

Hal ini dibenarkan Dirjen PSDKP, Laksamana Muda TNI, Dr. Adin Nurawaluddin, M.Han di Pelabuhan Perikanan Kupang, Kamis (12/10).

Dikatakan, ketiga kapal patroli tersebut masing-masing, KP. Orcha 05, KP. Orcha 06 dan KP. Hiu Macan 03R. "Parade tersebut berlangsung di perairan teluk Kupang bersama dengan perahu nelayan lainnya," katanya.

KP. Orcha 05 dan KP. Orcha 06 merupakan kapal patroli yang dihibahkan dari pemerintah Jepang untuk menjaga perairan Indonesia dari ancaman tindak pidana illegal fishing.

Tampak depan depan KP Orcha 06 saat berlabu di Dermaga Perikanan Kupang, Kamis (12/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

"Dengan semangat HMN kali ini, kita berharap adanya kerjasama dari seluruh masyarakat terutama pemilik kapal penangkap ikan dalam menaati semua aturan hukum yang berlaku saat ini," pintanya.

Usai mengikuti parade HMN, ketiga kapal tersebut kembali ke pelabuhan Perikanan dan Navigasi Kupang untuk selanjutnya melakukan patroli sesuai rute yang sudah ditetapkan.

Untuk diketahui, puncak perayaan HMN ini dihadiri langsung Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Panglima Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Penjabat Gubernur, para Bupati se NTT, Forkopimda NTT, pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum. (r3)

  • Bagikan