Dukung Pengembangan Pariwisata, PNK Salurkan Bantuan Untuk Warga

  • Bagikan
POSE BERSAMA. Tim pengabdian masyarakat jurusan Teknik Elektro pose bersama mahasiswa usai penyerahan bantuan ke masyarakat sekitar Pantai Paradiso, Selasa (17/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Pengabdian Dosen Akuntansi dan Elektro PNK di Pantai Paradiso

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Politeknik Negeri Kupang (PNK) terus melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk mengembangkan destinasi di Kota Kupang. Salah satu lokasi yang menjadi perhatian PNK adalah Pantai Paradiso, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Dukungan ini dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat oleh para dosen jurusan Akuntansi dan Teknik Elektro dengan memberikan bantuan berupa 4 boot serta perlengkapannya, etalase, dan mesin jahit. 

Kegiatan pengabdian ini dipimpin Jennie Sarlota Sir, SE, MSA dari jurusan Akuntansi PNK dengan beranggota Nonce Farida Tuati, SE,M.Si, Selfesina Samadara, SE.MSA, dan Agusta Amanda Wulandari SE, M.Si. Sementara dari jurusan Elektro dipimpin Petrisia W Sudarmadji, dan S.Kom.,M.Si serta Christa Bire, ST., MT selaku anggota tim.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat sekitar ini diserahkan langsung Direktur PNK Frans Mangngi, S.T, M.Eng. Hadir pada acara seremoni penyerahan tersebut yakni Kepala Penelitian dan Pengabdian, Dr Deddy B Lasifeto ST.,MT, Wadir II PNK, Dr Donny TS Junias, SE, MM, sejumlah dosen dan mahasiswa dari jurusan Akuntansi dan Teknik Elektro PNK di Pantai Paradiso, Selasa (17/10).

Selain dukungan peralatan, tim dosen dari dua jurusan tersebut juga akan menggelar pelatihan manajemen keuangan, strategi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial dari para dosen Teknik Elektro.

Direktur PNK, Frans Mangngi, pada kesempatan itu mengatakan kegiatan PkM tersebut merupakan kali kedua dilakukan kepada masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Oesapa Barat.

Ia mengaku, sebelumnya, PNK menggelar kegiatan serupa di Muara Abu, Kelurahan Oesapa Barat dengan membangun sejumlah lapak. Kali ini, para dosen PNK kembali menggelar pengabdian masyarakat, khususnya para dosen jurusan Akuntansi PNK dan Teknik Elektro dengan menyerahkan sejumlah bantuan. 

Dia mengakui, sebelum menggelar pengabdian ini, PNK sudah berdiskusi dengan Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh. "Saat itu beliau menugaskan kepada PNK untuk mendampingi dua kelurahan yaitu Kelurahan Lasiana dan Kelurahan oesapa Barat yang kebetulan berdekatan dengan PNK," katanya. 

Dia sangat bersyukur sekaligus berterima kasih karena Pemerintah Kelurahan Oesapa Barat menyambut baik program PNK tersebut. "Sebenarnya bukan saja menyambut, tetapi bersedia menerima program kami dari PNK bisa berjalan di Oesapa Barat," jelasnya.

POSE BERSAMA. Tim pengabdian masyarakat dari jurusan Teknik Elektro pose bersama mahasiswa di boot yang disumbangkan kepada masyarakat di sekitar Pantai Paradiso, Selasa (17/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Menurutnya, program pengabdian masyarakat diwujudkan setelah melalui analisis suatu wilayah yang memiliki persoalan. "Persoalan itu setelah dianalisis, yang kami bisa bantu, kami akan datang dan kami diskusi dengan masyarakat dan pemerintah setempat sehingga apa yang kami lakukan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," sebutnya.

Dia berharap, apa yang sudah diberikan dan dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membuka usaha kecil.

"Setelah kami serahkan tidak habis di sini karena teman-teman dosen dari jurusan Akuntansi dan Teknik Elektro PNK memiliki pengetahuan seperti pembukuan yang baik, sehingga selanjutnya mereka akan memberikan pelatihannya," tandasnya. 

Dia mengakui pula bahwa para dosen jurusan Akuntansi PNK memiliki ilmu sedangkan masyarakat memiliki pengalaman. Karena itu, jika ada kolaborasi yang baik pasti akan ada manfaatnya bagi masyarakat dan para dosen bisa belajar pengalaman di lapangan.

Lurah Oesapa Barat, Christian E Chamdra, SH menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak PNK yang sudah memberikan perhatian serius terhadap pengembangan destinasi wisata dan ekonomi masyarakatnya.

"Ini merupakan suatu berkat yang luar biasa karena tempat ini dulunya kurang tertata namun dengan berbagai dukungan, tempat ini sudah mulai tertata dan banyak pengunjung yang datang ke sini," ujarnya. 

Dikatakan, banyak orang yang mengunjungi lokasi destinasi tersebut namun masyarakat belum memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memulai usaha. "Saya pikir bantuan ini merupakan hal yang sangat baik yang dapat memotivasi warga Paradiso untuk membuka peluang usaha baru yang tentunya dengan aturan yang kita sudah sepakati bersama," ujarnya.

"Saya berharap setelah penyerahan bantuan ini, para ketua RT tolong dikoordinasikan dengan baik, sehingga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik demi peningkatan ekonomi masyarakat di Oesapa Barat," tambahnya.

Pantauan Timor Express, acara tersebut dilanjutkan dengan aneka kegiatan seperti doorprize dengan hadiah dari hasil karya para dosen. (r3)

  • Bagikan