Menjadi Lentera Kecil di Tengah Rakyat

  • Bagikan
Johanis Richard Riwoe, SH, ST, MA, MH, MA

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Nama Johanis Richard Riwoe atau yang akrab dengan nama Richard Riwoe masuk dalam jajaran Calon Anggota Legislatif (Caleg) muda yang diperbincangkan masyarakat NTT, terutama warga Kota Kupang. Betapa tidak, wajah alumni SD Oetete I Kupang ini memenuhi sejumlah papan baliho yang ada di seantero Kota Kupang.

Bahkan baliho yang bergambar dirinya Bersama Calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo itu juga tersebar sampai di kabupaten-kabupaten di daratan Timor, Sumba, Sabu dan Rote. Baliho berwarna Merah itu pun semakin menarik perhatian publik karena gelar yang dimiliki Alumni SMP Negeri 1 Kota Kupang ini sangat banyak.

Inilah nama lengkap dan gelarnya, Johanis Richard Riwoe, SH, ST, MA, MH, MA. Semua gelar itu diperolehnya melalui studi resmi.

Richard Riwoe atau di kalangan koleganya biasa disapa RR, menghabiskan masa kecil hingga SMP-nya di Kota Kupang.

Pendidikan SD diselesaikan di SD Oetete dan tamat dari SMP Negeri 1 Kota Kupang. Dibangku SMA, Richard menempuh pendidikan selama satu tahun di SMA Negeri 1 Kupang dan menamatkannya di SMA Negeri 3 Magelang, Jawa Tengah. 

Nyaris, masa kecil Richard dihabiskannya di kota karang ini, Kota Kupang. Masa kecilnya pun tak beda dengan anak seusianya saat itu. Membantu orang tua berjualan pun ia lakukan. 

Setamat Pendidikan di SMA Negeri 3 Magelang, ia memilih melanjutkan kuliah di UGM Yogyakarta. Ia memilih dua fakultas sekaligus yakni di Fisipol dan Fakultas Hukum dan tamat dengan nilai yang cukup memuaskan. Seolah tak puas dengan gelar yang ia peroleh, ia kemudian memperdalam ilmunya dengan kuliah mengambil jurusan-jurusan yang digemari. 

Kini, pria yang senang berolahraga ini menjalani profesi sebagai seorang pengacara melalui sebuah lembaga bantuan hukum yang didirikan bersama rekan-rekannya di Jakarta. Selain itu, ia juga mendirikan sebuah lembaga sosial, Richard Riwoe Center. 

Richard Riwoe Center ini yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, memberikan bantuan bagi rakyat kecil sampai di pedesaan. Bantuan-bantuan yang kerap diberikan antara bantuan rumah bagi rakyat kecil, bantuan kesehatan bagi warga kurang mampu. 

Ia sering terjun langsung ke pedesaan ditemani sang istri dan tim kesehatannya.

Bagi RR, semua kesuksesan yang diperolehnya tak lepas dari kerja keras tak kenal lelah dan juga doa banyak orang termasuk masyarakat NTT khususnya warga Kota Kupang. 

Sebagai “Anak Kupang” di perantauan, Richard Riwoe aktif dalam sejumlah organisasi dan paguyuban masyarakat NTT di Jakarta sehingga ia sangat dekat dengan kaum muda. Sebagai orang yang memiliki hobi olahraga, ia sering memfasilitasi para pemuda NTT yang berlaga di tingkat nasional maupun internasional diantaranya ia pernah memfasilitasi petinju NTT berlaga di Australia. Ia juga kerap memberikan motivasi kepada kaum muda NTT bekerja keras dan berjuang tanpa menyerah berusaha sampai mendapatkan hasil yang maksimal. 

Bagi pria kelahiran Kota Kupang, dunia politik baginya bukan hal baru. Sejak aktif sebagai mahasiswa di Fisipol dan Fakultas Hukum UGM ia sudah aktif di organisasi kemahasiswaan. Demikian pula setelah tamat, ia aktif di organisasi-organisasi paguyuban masyarakat NTT di Jakarta. 

Bahkan ia dipercaya sebagai pembina di sejumlah organisasi yang membawahi masyarakat NTT. Diantaranya, sebagai Pembina Forum Keluarga Besar (FKB) NTT, Pembina PERCASI NTT. Sebagai seorang pengacara, ia juga dipercaya sebagai penasehat hukum PGIW NTT dan PGLII NTT dan sejumlah organisasi lainnya. 

Kini, pendiri Richard Riwoe Center ingin terjun total di politik praktis. Tak tanggung-tanggung, ia mencalonkan diri sebagai salah satu anggota DPR RI 2024-2029 pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan NTT 2 yang meliputi kabupaten di Pulau Timor, Pulau Sumba, Pulau Sabu dan Rote. Oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri, ia diberi nomor urut 5.

Baginya, memilih jalur politik sebagai Caleg DPR RI karena banyak warga yang mendorongnya untuk memperjuangkan aspirasi mereka, terutama masyarakat yang selama ini ia bantu. Sebagai seorang politisi, ia mempunyai kewajiban untuk menjalankan kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil di pedesaan. 

Dengan menjadi anggota DPR RI, ia berusaha untuk menjadi lentera kecil yang menerangi masyarakat kecil sekaligus ingin menjadi inspirasi bagi kaum muda. Karena bagi Richard, masyarakat terutama kaum muda harus punya keberanian lebih untuk bangkit dan menentukan pilihan hidup dan tidak sekadar ikut arus. (yel)

Editor: Intho Herison Tihu 

  • Bagikan