Belajar Teknik Wawancara Narsum

  • Bagikan
KUNJUANGAN: siswa Sekolah Dasar Hosana Kupang foto bersama pada guru saat kunjungan di Timor Express, Jumat (27/10)

SD Kristen Hosana Kunjungi TIMEX

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka meningkatkan pemahaman wawancara dan menggali informasi dari narasumber (narsum) yang profesional, Siswa Kelas empat (4) Sekolah Dasar (SD) Kristen Hosana Kupang melakukan kunjungan ke Graha Pena Timor Express, Jumat (27/10)

        “Kami mengajak anak-anak kesini untuk belajar tentang bagaimanan cara wawancara yang baik serta cara atau teknik menggali informasi dari narasumber yang profesional. Dengan harapan dari kunjungan ini anak-anak bisa menambah ilmu tentang cara wawancara yang baik. Karena selanjutnya anak-anak akan diberi tugas untuk membuat project  lagi,” ungkap Wakil Kepala Sekolah Anderias Nenobais, S.Pd didampingi dua orang guru yakni Cinthya E. A. Nguru,S.Pd dan Hesly Benu, S.Pd.

        Siswa sebanyak 72 orang itu tiba di Graha Pena Timex sekira Pukul 09.00 Wita dan diterima Sekretaris Redaksi, Linda Makandoloe.

        Linda menjelaskan proses pembuatan koran Timor Express mulai dari wartawan mencari informasi dilapangan, pembuatan berita, proses editing, layout atau tata halaman, cetak dan distribusi ke konsumen atau pembaca.

        Teknik wawancara yang baik yakni menurut Linda terlebih dahulu meminta izin kepada orang yang diwawancarai, mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu, memberi kesan yang baik kepada narasumber, berpakaian yang rapi dan sopan, perhatikan dan tanggapi pembicaraan narasumber, perkenalkan identitas diri. Siapkan alat tulis, hindari pertanyaan yang rumit, pantai mengambil kesimpulan dan berakhir dengan ucapan terima kasih.

        Pantaun Timex, para siswa sangat antusias dalam kunjungan. Buktinya dalam sesi diskusi, mereka sangat aktif mengajukan berbagai pertanyaan dan semua dijawab dengan baik. Sebelum mengakhir kunjungan di Timex, para siswa diberi kesempatan melihat langsung ruangan podcast, ruangan redaksi dan ruangan percetakan. (dek)

Editor: Linda Makandoloe

  • Bagikan