1.235 KK Terang, PLN resmikan 5 Listrik Desa

  • Bagikan
IST NYALAIN LISTRIK. Petugas PLN menyalakan listri di rumah warga, yang tersebar di lima desa di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Kamis (9/11).

di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Penantian panjang warga 5 desa di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai akan hadirnya listrik di rumah-rumah mereka akhirnya terwujud, setelah PLN NTT secara resmi menyalakan perdana listrik di lima desa antara lain, Desa Bere, Desa Wae Codi, Desa Latung, Desa Wae Renca dan Desa Golo Lanak.

Acara peresmian dilaksanakan jelang satu hari sebelum peringatan Hari Pahlawan pada Kamis (9/11) bertempat di Desa Golo Lanak yang merupakan desa paling ujung di Kecamatan Cibal Barat.

Saat ini Rasio Elektrifikasi Provinsi NTT baru mencapai 94,04% pada Bulan September 2023, masih terdapat 5,96% atau setara dengan 75.414 Rumah Tangga yang belum berlistrik. Untuk angka Rasio Desa Berlistrik mencapai 93,67 % atau setara dengan 3.224 Desa sudah terlistriki.

Pada peresmian lisdes 5 desa di Kabupaten Manggarai, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT, yang diwakili oleh Senior Manager Pembangkitan Umar Farouk Andy Saputro, mengatakan program Listrik Desa (Lisdes) ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam menghadirkan listrik di seluruh pelosok negeri, untuk mewujudkan energi berkeadilan serta pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pembangunan jaringan listrik di 5 desa yang kita nyalakan hari ini merupakan bagian dari rangkaian pembangunan jaringan listrik di Kabupaten Manggarai Tahun 2023. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder, Pemerintah Daerah dan seluruh perangkatnya sampai ke tingkat desa serta masyarakat di kabupaten Manggarai yang turut serta memberi dukungan PLN sehingga pelaksanaan pembangunan listrik desa dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu," ujar Farouk.

"Semoga dengan hadirnya listrik di 5 desa ini dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan dapat menambah produktivitas masyarakat. Tidak kalah penting adalah hadirnya listrik dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun sebagai penerangan pada saat anak-anak belajar di rumah,” tambah Farouk.

Peresmian listrik di 5 desa tersebut dilaksanakan secara simbolis di Rumah Gendang Desa Golo Lanak oleh Senior Manager Pembangkitan, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum bersama Bupati Manggarai, Ketua DPRD dan para pejabat daerah di Kabupaten Manggarai.

Herybertus Nabit selaku Bupati Manggarai menyatakan kebahagiaan dan kebanggaan atas peresmian listrik di Desa Golo Lanak. Acara peresmian ini menandai langkah besar dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dikatakan, listrik adalah kebutuhan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ketersediaan listrik di Desa Golo Lanak, masyarakat sekarang dapat menikmati akses kepada berbagai fasilitas dan layanan yang lebih baik, seperti penerangan, penggunaan peralatan elektronik dan pengembangan usaha mikro. Listrik bukan hanya sebuah sumber energi, tetapi juga kunci untuk mengakselerasi pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, PLN, serta seluruh masyarakat Desa Golo Lanak yang telah bersama-sama berpartisipasi dalam mewujudkan impian ini. Semoga listrik di desa Golo Lanak menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Mari kita bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah untuk generasi mendatang. Terima kasih." Ungkapnya.

Kondisi geografis perbukitan dan gunung-gunung menjadi tantang tersendiri yang tidak mudah bagi PLN untuk membangun jaringan listrik menuju desa tersebut. Namun semuanya dapat terlewati berkat dukungan dari semua pihak.

Untuk menjangkau listrik ke 5 Desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 25.8 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 48,46 kms, 9 unit Gardu Distribusi dengan kapasitas 450 kVA untuk menerangi 1.991 potensi calon pelanggan. (thi)

  • Bagikan