Jadi Rujukan, RSUP dr Ben Mboi Bentuk Pelayanan Terbaik

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX. SYUKURAN. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang merayakan (HUT perdananya, Selasa (19/12)

Gelar Syukuran Bersama Pasien dan Keluarga

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Tak terasa, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang sudah eksis di Kota Kupang dan melayani kesehatan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) pertama, direksi menggelar syukuran bersama pasien hingga keluarga pasien, Selasa (19/12).

Momen HUT perdana ini manfaat sebagai bagian dari refleksi untuk membentuk pelayanan terbaik karena RSUP dr Ben Mboi merupakan rumah sakit rujukan di Indonesia Timur.

Direktur Utama RSUP Ben Mboi, dr. Annas Ahmad mengatakan, rumah sakit terbesar ini berdiri di gugusan pulau NTT. RSUP dr Ben Mboi Kupang menjadi rumah sakit terbesar dan menjadi yang terbaik di NTT.

Dia mengaku, puncak perayaan HUT tersebut mendapat restu dari para pasien di ruang rawat inap. Bahkan acara ini juga dihadiri oleh keluarga pasien yang sementara dirawat.

"Apa lagi sistem ruangan perawatan memiliki kedap suara, sehingga acara ini tidak mengganggu pasien yang sedang dalam perawatan. Sebelumnya sudah mendapat restu ketika dikunjungi," ujarnya.

Dia menyebut, layanan kesehatan di Timur Indonesia selalu dinilai terbelakang. Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk membangun layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Dia meminta dukungan dari semua pihak stakeholder untuk bersama-sama membangun rumah sakit ini.

Dia berharap RSUP Ben Mboi bisa terus berkembang dan menjadi rujukan masyarakat NTT dan di wilayah Indonesia Timur, sebagaimana rumah sakit vertikal lainnya.

dr Annas meminta semua tenaga kesehatan dan karyawan yang ada di RSUP itu menjunjung tinggi nilai profesionalitas dengan menjunjung tinggi aturan dan intelektualitas dan kemampuan.

"Tenaga kesehatan di RSUP Ben Mboi Kupang memiliki tiga potensi. Pertama, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan attitude, dengan itu maka akan menghasilkan pelayanan yang prima kepada masyarakat," ungkapnya.

Dia menambahkan, RSUP Ben Mboi Kupang pun telah melakukan proses akreditasi, dalam beberapa hari kedepan, akan hasil yang diperoleh. Adanya akreditasi itu maka kerja sama dengan para mitra akan kembali terjalin.

"Saya sebenarnya ingin mengatakan, kementerian kesehatan membangun rumah sakit semegah ini, mari kita manfaatkan layanan. Kehadiran kita adalah mendekatkan pelayanan ke masyarakat, dan meretas antrian pasien di rumah sakit lain," ujarnya.

Ia menegaskan, kehadiran RSUP bukan sebagai kompetitor rumah sakit lain, namun RSUP ini menjadi mitra dalam memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat di NTT.

Dalam kesempatan itu, dr. Annas Ahmad juga memaparkan program layanan unggulan di rumah sakit itu. Pelayanan dari tindakan bedah hingga layanan mata dengan minimal invasif menjadi unggulan itu RSUP Ben Mboi Kupang. Semua layanan yang ada bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat di NTT.

Sementara itu, Ketua Panitia perayaan HUT RSUP Ben Mboi, dr. Reaksi mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak perayaan dari beberapa agenda kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan HUT, diantaranya lomba video kreatif untuk promosi RSUP Ben Mboi Kupang dan berakhir November lalu dan kejuaraan futsal antar rumah sakit di Kota Kupang.

Selain itu ada juga kejuaraan badminton dari RS dan instansi kesehatan di Kota Kupang. Adapun fun run berjumlah 1.100 peserta dari masyarakat umum dan nakes di Kota Kupang.

Pihaknya juga menggelar bakti sosial gratis di Bolok, Kupang Barat Kabupaten Kupang dengan sasaran 250 orang. Selain itu, kegiatan lainnya adalah simposium nasional dengan 250 peserta dan menghadirkan Dirjen Nakes Kemenkes RI. Dan acara puncak perayaan HUT dilakukan hari ini dengan ibadah syukur.

Perayaan syukuran HUT pertama dilangsungkan di lobby utama rumah sakit, dengan mengusung tema Sinergi dan Kolaborasi, Bangun Layanan Kesehatan dari Timur.

Acara dihadiri oleh para tamu undangan dan dimeriahkan dengan penampilan paduan suara RSUP Ben Mboi, yang dibentuk Direktur Utama, dr Annas Ahmad. (cr3/r3)

  • Bagikan