UPTD SPAM Jamin Pasokan Air Pada Perayaan Natal

  • Bagikan
Kepala UPTD SPAM Matim, Fransiskus Yun Aga. (IST)

BORONG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Lembaga Unit Pelaksana Teknis Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (UPTD SPAM), selaku operator pelayanan air bersih di Kabupaten Manggarai Timur (Matim), menjamin pasokan air bersih pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kondisi pelayanan UPTD SPAM menjelang natal dan tahun baru yang dalam kondisi baik. Ketersediaan produksi dan distribusi masih aman sesuai jadwal pelayanan selama ini," ujar Kepala UPTD SPAM Matim, Fransiskus Yun Aga, Selasa (19/12) di Borong.

Fransiskus yang akrab disapa Kevin mengatakan, UPTD SPAM yang merupakan lembaga kerja Pemerintah Daerah (Pemda) di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Matim itu, menjamin bahwa kondisi pelayanan air minum menjelang natal dan tahun baru, dalam kondisi baik.

Disini lanjut Kevin, ketersediaan produksi, dan distribusi masih aman sesuai jadwal pelayanan selama ini. Artinya, pelayanan di masa natal dan tahun baru, tidak ada sistem khusus yang diterapkan. Namun pihak UPTD SPAM tetap mempertahankan pola pelayanan yang sudah berjalan.

Sehingga ketersediaan pelayanan bagi pelanggan selama hari raya besar ini, tetap terjaga. Kemudian untuk mengantisipasi kejadian gangguan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, pihak UPTD SPAM sudah menyiapkan petugas teknis yang selalu siaga di waktu liburan hari raya.

"Petugas teknis kita bekerja seperti biasa dengan tetap menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing. Disini bahwa UPTD SPAM konsisten memberikan pelayanan yang maksimal di hari raya ini," kata Kevin.

Selain itu, UPTD SPAM belum bisa siagakan mobil tangki air untuk mengantisipasi gangguan yang disewaktu-waktu bisa terjadi. Hal itu tentu karena lembaga operator ini belum memiliki mobil tangki air. Tapi upaya yang dilakukan adalah memastikan setiap reservoar produksi maupun distribusi, selalu tersedia air yang cukup untuk memberikan pelayanan.

"Saat ini kami tidak memiliki mobil tangki. Prinsipnya, kita siap melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan masyarakat atau pelanggan yang tersebar pada 12 unit kerja UPTD SPAM di seluruh kecamatan, kecuali kecamatan Lamba Leda," bilangnya.

Kevin menambah, disamping itu pihaknya juga berharap agar tidak ada gangguan yang berarti pada masa perayaan hari besar tersebut. Kiranya perayaan Natal sampai dengan tahun baru, khususnya di gereja-gereja Katolik maupun Protestan di seluruh kabupaten Matim, tidak terjadi gangguan distribusi air bersih.

"Kami juga berharap kepada masyarakat atau pelanggan, jika mengalami kendala air tidak jalan, segera dan langsung menghubungi pihak atau petugas UPTD SPAM atau bisa disampaikan melalui forum komunikasi pelanggan yang sudah ada. Pasti langsung direspon," pinta Kevin, (Kr1).

  • Bagikan