Sowan ke Sri Sultan, Prabowo-Gibran Dapat Wejangan

  • Bagikan
HORMAT: Prabowo Subianto bersalaman dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X, disaksikan Gibran Rakabuming Raka, di Keraton Jogjakarta kemarin (22/1).

JAKARTA.TIMEX.FAJAR.CO.ID – Seusai debat keempat, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bertolak ke Jogjakarta. Keduanya bertemu dengan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X.

Prabowo mengatakan, dirinya datang menemui Sri Sultan HB X untuk sowan. Sesuai adat istiadat di Indonesia, penting meminta izin saat memasuki wilayah tertentu. ”Kami minta waktu untuk sowan dan melaporkan minta izin masuk ke daerah ini,” ujarnya kemarin (22/1).

Prabowo mengakui, saat sowan, banyak hal yang dibicarakan. Dia bersama Gibran mendapatkan banyak wejangan dan masukan dari Sri Sultan soal masa depan dan teknologi. ”Tadi (kemarin, Red) kami mendengarkan pandangan-pandangan beliau, terutama masalah teknologi dan sebagainya. Beliau kasih wejangan-wejangan dan juga masukan. Saya kira seperti itu intinya,” imbuh dia.

Prabowo menyambut baik saran dan masukan tersebut. Dia juga menegaskan, tidak ada pembicaraan isu politik dengan Sri Sultan.

Pernyataan itu dikuatkan Sri Sultan. Dia menyebutkan, pertemuan itu bersifat santai saja. ”Kita silaturahmi, ya ngobrol-ngobrol,” tuturnya. ”Gak ada pembicaraan politik, gak ada obrolan macam-macam. Kita bicara secara umum dalam arti kita bertukar pikiran saja,” lanjut Sri Sultan. (far/bay/jpg/rum)

  • Bagikan