Lantik Pejabat Baru, Marciana : Maknai Ini Sebagai Rahmat

  • Bagikan
Penandatanganan Berita acara pelantikan pejabat Eselon IV dan V serta pejabat fungsional kanwil Kemenkumham NTT, Jumat (21/1). IST

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Jabatan yang diemban itu bukan saja amanah tetapi juga harus dimaknai sebagai rahmat. Dengan itu, akan memacu kearah kinerja yang lebih baik. Demikian disampaikan Marciana Dominika Jone, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, pada acara Pelantikan Pejabat Administrasi Eselon IV, Eselon V dan Pejabat Fungsional SDM Aparatur serta Pengambilan Sumpah dan Janji PNS, Jumat (26/1/2024).

"Selamat kepada para pejabat yang baru dilantik", ucap Marciana saat membuka sambutannya. "Jabatan ini hendak bukan hanya dilihat sebagai amanah tetapi juga sebagai rahmat sehingga bisa memiliki kinerja yang lebih baik. Apalagi jabatan yang diperoleh ini adalah hasil kerja keras Bapak dan Ibu sekalian (pejabat yang baru dilantik-red). Ini bukan hasil penetapan pimpinan semata tapi jabatan ini diperoleh melalui seleksi ketat yang diikuti oleh Bapak dan Ibu", sambungnya saat itu.

Seperti diketahui bahwa pengisian jabatan administrasi Eselon IV dan Eselon V pada lingkup Kanwil Kemenkumham NTT, dilakukan melalui mekanisme tahapan seleksi terbuka. Tahapan pertama dilakukan dengan penyampaian berkas persyaratan. Tahapan kedua dilakukan dengan pembuatan makalah terkait Reformasi Birokrasi lalu dilanjutkan dengan tahapan ketiga yakni uji kompetensi yang langsung diawasi oleh BKN. Dan tahapan terkahir adalah tahapan wawancara.

"Kepada para pimti dan kepala UPT, saya menitipkan pejabat-pejabat baru ini, untuk dididik dan digembleng agar menjadi pejabat yang benar-benar berintegritas", ujar Marciana berpesan. "Ajarkan hal-hal yang baik sehingga kinerja Kementerian kita semakin baik. Dan kepada pejabat yang baru dilantik, belajar hal-hal yang baik saja. Semua hal buruk dan jelek yang diperintahkan atasan tidak usah dilakukan. Pahami ini dan jaga integritas sebagai pejabat", tegasnya lagi.

Terdapat 47 pejabat baru yang lantik saat itu. Dua diantaranya adalah ASN pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang. Keduanya dilantik saat itu, setelah berhasil mengikuti tahapan-tahapan seleksi pengisian jabatan Eselon V. Uria Manafe yang sebelumnya adalah plt. Kepala Urusan Umum dilantik menjadi Kepala Urusan Umum pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere. Adapula Selvia Nurillah yang sebelumnya adalah Fungsional Umum, dilantik menjadi Kepala Urusan Umum pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang.(*/em)

  • Bagikan