Anak Muda Harus Selektif Bermedsos

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX PEMAPARAN. Suasana pemaparan materi mengenai program Kebas Hoaks yang digelar Diskominfo Kota Kupang dengan melibatkan para pihak terkait, Kamis (1/2)

Pemkot Gelar Program Kebas Hoaks

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang untuk mengajak para kawula muda agar selektif dalam bermedia sosial (bermedsos) terus dilakukan. Melalui peran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) maka digelarlah program kebas hoaks dengan menyasar anak muda sebagi pemilih pemula.

Program kebas hoaks ini sendiri adalah program yang telah dijalankan Pemkot Kupang sejak tahun 2021 dan menjadi salah satu inovasi yang mampu menangkal berbagai macam informasi dan berita hoaks di Kota Kupang.

Seprilyani Elim selaku Analis Kebijakan Sub Koordinasi Substansi Pengelolaan saat dikonfirmasi di ruang rapat Kantor Diskominfo Kota Kupang, Selasa (6/2) menjelaskan, di tahun 2024 ini, Diskominfo Kota Kupang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dan Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang sebagai bentuk kolaborasi antarlembaga penyelenggara pemerintah untuk menjangkau para siswa-siswi SMU yang sudah memasuki kategori usia pemilih pemula.

Program ini, kata Seprilyani Elim, merupakan salah satu inovasi dari Pemkot Kupang dalam menanggulangi berita-berita hoaks yang sementara beredar di kalangan masyarakat terutama anak-anak muda di Kota Kupang menjelang Pemilu sehingga berita-berita atau isu-isu yang tidak benar tersebut dapat dipastikan kebenarnya.

"Dalam program ini terdiri dari tim eksternal dan internal yang berguna mencari fakta terkait berita-berita yang beredar di masyarakat dan memastikan kebenaran berita tersebut," ungkapnya.

Lanjutnya, tim yang tergabung di dalamnya yaitu Badan Intelejen Daerah (Binda), Cyber Crime Polda NTT dan Dinas Dukcapil Kota Kupang serta beberapa mitra lain yaitu Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Dalam menjalankan program ini, mitra-mitra terkait saling berkerja sama dalam menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi yang ada.

"Memalui kolaborasi dalam tim itu kami terus berkoordinasi sehingga program kebas hoaks ini dapat berjalan dengan baik. Terlebih isu-isu yang marak berkaitan dengan Pemilu yang sebentar lagi akan terselenggarakan," tambahnya.

Diskominfo juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat terutama para kamu muda agar lebih teliti dalam memberikan informasi yang belum teruji kebenaranya, sehingga berita-berita ataupun isu-isu tersebut tidak menjadi boomerang yang dapat menimbulkan fitnah atau salah kaprah dimasyarakat. (cr5/gat)

  • Bagikan