30 Persen Pemilih Tak Gunakan Hak Suara

  • Bagikan
Ewalde Taek

Partisipasi Pemilih Dinilai Rendah

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini dinilai sangat rendah, bahkan hampir 30 persen pemilih tak gunakan hak suaranya. Demikian disampaikan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek, saat diwawancarai Rabu (14/2).

Dia mengatakan, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hal pilihnya sangat rendah, dilihat dari data pemilih tetap di TPS, yang berjumlah 200 orang, bahkan yang datang ke TPS hanya 100 orang saja.

"Hal ini saya temui di beberapa TPS, dan hampir terjadi di semua TPS yang saya dapati. Hal ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk ke depannya," ungkapnya.

Menurut Ewalde, partisipasi pemilih yang rendah ini terjadi mungkin karena cuaca yang tidak mendukung, karena seperti prakiraan BMKG, bahwa beberapa hari ini akan terjadi hujan di Kota Kupang.
"Kita pahami bahwa sesuai dengan ramalan BMKG bahwa akan ada hujan, mungkin karena cuaca inilah sehingga masyarakat enggan untuk ke TPS," jelasnya.

"Banyak yang ke TPS setelah hujan reda, namun TPS sudah tutup, selain itu hari ini juga umat Katolik melaksanakan ibadah rabu abu, tentunya hal-hal seperti ini perlu menjadi catatan penting, untuk penetapan tanggal Pemilu," jelasnya.

Terkait ini, dengan partisipasi pemilih yang minim ini, perolehan suara di TPS pun menjadi sangat minim, terbukti hingga saat ini belum ada Calon Legislatif (Caleg) yang dominan.

"Sampai saat ini masih berjalan proses perhitungan, sehingga diharapkan semua proses berjalan baik," tandasnya. (thi/rum)

  • Bagikan