Penerimaan Pajak KPP Pratama Kupang Capai 104,9 Persen

  • Bagikan
KPP PRATAMA KUPANG FOR TIMEX MEDIA GATHERING. Kepala KPP Pratama Kupang Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi pose bersama usai media gathering dan sosialisasi perpajakan bersama wartawan di Subasuka Paradise Resto Kupang, Senin (4/3).

Tingkatkan Edukasi Perpajakan Lewat Media Gathering

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menggelar media gathering dan sosialisasi perpajakan bersama wartawan di Subasuka Paradise Resto Kupang, Senin (4/3).

Puluhan jurnalis mengikuti kegiatan itu, yang diisi dengan sesi tanya jawab, pemberian hadiah, hingga memberikan penghargaan kepada media yang selalu memberitakan tentang KPP Pratama Kupang.

Harian Pagi Timor Express terpilih sebagai media cetak yang terbaik, yang paling banyak menulis tentang KPP Pratama Kupang dan selalu mendukung KPP Pratama Kupang untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang perpajakan.

Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi mengungkapkan, tujuan kegiatan untuk memperkuat sinergi antara KPP Pratama Kupang dengan media khususnya dalam memberikan edukasi perpajakan kepada masyarakat.

Ayu menyampaikan bahwa saat ini media memiliki peran yang sangat penting. “Media menjadi perantara antara DJP dengan wajib pajak yang memiliki peran sebagai perpanjangan tangan kami khususnya sebagai jembatan untuk menyebarluaskan informasi perpajakan ke masyarakat, memberikan edukasi serta sosialisasi kebijakan perpajakan serta sebagai sarana transparansi atau keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Ayu menyampaikan capaian kinerja KPP Pratama Kupang. Di tahun 2023, KPP Pratama Kupang berhasil mencapai target penerimaan pajak hingga 104,9 persen yaitu sebesar Rp 1.609,11 miliar dan penerimaan SPT Tahunan sebanyak 69.671 atau sebesar 100,56 persen dari target.

Ayu turut menyampaikan isu-isu terkini di bidang perpajakan seperti pelaporan SPT Tahunan, pemadanan NIK-NPWP serta Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

Di masa pelaporan SPT Tahunan, Ayu mengajak media untuk segera melaporkan SPT Tahunan sebelum batas akhir pelaporan yaitu 31 Maret untuk orang pribadi dan 30 April untuk wajib pajak badan.

“Jangan sampai terlambat lapor SPT Tahunan karena ada sanksi berupa denda sebesar Rp 1 juta untuk wajib pajak badan dan Rp 100.000 untuk wajib pajak pribadi,” ungkap Ayu.

Ia menyampaikan pentingnya melakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) paling lambat 30 Juni 2024.

“Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2024 seluruh wajib pajak wajib menggunakan NIK dan NPWP format 16 digit dalam layanan perpajakan maupun layanan lainnya yang membutuhkan NPWP,” jelas Ayu.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan juga upaya KPP Pratama Kupang dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Ayu menyampaikan bahwa upaya tersebut dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi.

“Seluruh jenis layanan perpajakan yang kami berikan tidak dipungut biaya, apabila terdapat aduan silakan disampaikan melalui saluran pengaduan yang tersedia dan apabila bapak dan ibu ingin memberikan penilaian dan masukan atas layanan kami silakan disampaikan melalui survei kepuasan yang rutin kami laksanakan,” tutur Ayu.

Materi dan bimbingan teknis terkait pelaporan SPT Tahunan dan pemadanan NIK menjadi NPWP lebih lanjut dibawakan oleh Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Pertama KPP Pratama Kupang, Jupiter Heidelberg Siburian. Jupiter menyampaikan tiga hal penting yang dibutuhkan untuk melaporkan SPT Tahunan secara online melalui laman DJP online (djponline.pajak.go.id) yaitu NPWP, Electronic Filing Identification Number (EFIN) dan akun DJP online.

“Untuk EFIN, wajib pajak yang lupa atau kehilangan EFIN, dapat datang langsung ke kantor pajak terdekat, menghubungi telepon di Kring Pajak 1500200, melalui aplikasi M-Pajak atau mengirim pesan melalui surel [email protected]. Sedangkan wajib pajak yang baru akan melakukan aktivasi EFIN dapat datang langsung ke kantor pajak terdekat bagi wajib pajak orang pribadi dan datang ke kantor pajak terdaftar bagi wajib pajak badan,” jelas Jupiter.

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab. Pada kesempatan tersebut, KPP Pratama Kupang juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada media yang berkontribusi aktif dalam penyebarluasan informasi perpajakan kepada masyarakat. (thi/ays)

  • Bagikan