Mabar Raih Adipura 2023

  • Bagikan
Plt. Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Mabar, Oktavianus Andi Bona memegang penghargaan Adipura 2023, Selasa (5/3)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, RI memberikan penghargaan dua tahun secara berturut-turut, sejak tahun 2022 kepada kabupaten Manggarai Barat berupa Adipura 2023. Seremoni penyerahaan ini oleh Wamen KLHK RI, Alue Dohong diterima oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Oktavianus Andi Bona yang berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Turut hadir mendapingi Plt. Kadis Oktavianus dalam penerimaan Adipura 2023 itu, adalah Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, Zulfikar. Asal tahu, program Adipura merupakan salah satu program pemerintah pusat melalui KLHK yang bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Zulfikar kepada media ini menjelaskan bahwa Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, turut hadir pada acara ini.
Wapres Ma’ruf, kata Zulfikar, memberikan ucapan selamat kepada para Kepala Daerah penerima Penghargaan Adipura Tahun 2023. Penghargaan ini, kata Wapres Ma’ruf, menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya.

Plt. Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Mabar, Oktavianus Andi Bona saat menerimah penghargaan Adipura 2023 bagi Mabar, Selasa (5/3)

Ma'ruf berharap, penghargaan Adipura ini akan memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah. Dia juga berharap agar dengan pemberian penghargaan ini, kota dan kabupaten di Indonesia mampu bersaing secara global. "Agar esensi Adipura tetap terjaga. Perlu pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,"harapnya

Sementara itu Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar juga hadir pada kegiatan itu. Siti Nurbaya menambahkan bahwa Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak tahun 1986. Pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.(kr2)

  • Bagikan